Advertisement here

Uji Fungsi Senjata Bawah Air TNI AL di saksikan Oleh Danpuskopaska

Danpuskopaska Saksikan Uji Fungsi Amonisi 5.56 mm Senjata Bawah Air

Uji Fungsi Senjata Bawah Air TNI AL di saksikan Oleh Danpuskopaska
Uji Fungsi Senjata Bawah Air  Amonisi 5.56 mm TNI AL di saksikan Oleh Danpuskopaska

SURABAYA- Komandan Puskopaska Laksma TNI Yudhi Bramantyo N.S menyaksikan uji fungsi penembakan amonisi 5,56mm dan senjata bawah air jenis Ukrop UX-15 buatan Ukraina di Kolam renang Satkopaska Koarmada II Ujung Surabaya Kamis 27/10/2020.


Uji coba ini dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan amonisi 5,56 mm senjata bawah air guna meningkatkan kekuatan tempur serta meningkatkan kemampuan perorangan dalam melaksanakan peperangan laut khusus. 

Sesuai hasil dari uji coba, kemampuan amonisi 5,56mm dari senjata Ukrop UX-15 buatan Ukraina sangat mendukung pergerakan prajurit dalam memasuki daerah musuh dengan mengunakan teknik bawah permukaan atau bawah air guna menghadapi peperangan laut khusus.


BACA JUGA  

Satgas Pelayaran OBS, Laksanakan Olahraga Bersama Dengan Prajurit Lantamal I Belawan Medan


SATKOR KOARMADA II GELAR LATIHAN SEA SURVIVAL


“Pasukan katak sebagai pasukan khusus TNI AL Angkatan Laut dalam melaksanakan tugas-tugas khusus, salah satu teknik yang digunakan adalah infiltrasi untuk masuk kewilayah musuh atau yang dikuasai musuh melalui bawah permukaan dengan selam tempur malam hari. Hal ini merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh prajurit Kopaska. Diharapkan dengan adanya amonisi 5,56mm senjata bawah air ini dapat semakin meningkatkan kekuatan sehingga siap menjawab tantangan tugas dimasa yang akan datang” Ujar Laksma Bramantyo. 


Senjata Ukrop UX-15 buatan Ukraina mampu digunakan baik diatas air / permukaan dengan menggunakan amonisi jenis cal. 5,56 mm x 45 mm / 5 TJ, sedangkan dibawah permukaan menggunakan amonisi type SPA dan SPA-NB Cal 5,56 mm x 45 mm, yang membedakan amonisi bawah air dengan amonisi permukaan / atas air adalah bahwa amonisi bawah air bentuk proyektilnya lebih panjang, ujungnya tajam dan lebih berat sedangkan amonisi permukaan / atas air proyektil lebih pendek seperti amonisi cal 5,556 mm atas air lainnya. Adapun rangkaian uji fungsi diawali penyelaman dan dilakukan penembakan bawah air pada jarak 10 meter, 15 meter dan 20 meter.

Uji Fungsi Senjata Bawah Air TNI AL di saksikan Oleh Danpuskopaska

Turut hadir dalam uji fungsi penembakan senjata dan amonisi bawah air tersebut, Kadisenlekal Laksma TNI Indarto Pantja, Kalabinsen Kolonel Laut (E) Cholik Kurniawan ST, Paban III / Alpal Slog Mabes TNI Kolonel Tek V. Andi PS, Wadandenjaka Letkol Mar Rino Rianto, Wadan Satkopaska Koarmada II Letkol Laut (P) M. Macri Makoagow. (Edy S-Mjp)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here
Advertisement here