Pentingnya Pembentukan Desa Siaga Sehat Jiwa - MERDEKA JAYA POS

Breaking

MERDEKA JAYA POS

Berita Jepara Indonesia Terkini Hari Ini, Berita Harian Terkini Terpercaya daerah Jepara terlengkap terupdate seputar Jepara dan Indonesia- Merdeka Jaya Pos.

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 30 November 2020

Pentingnya Pembentukan Desa Siaga Sehat Jiwa

Babinsa Bersama Babinkamtibmas dan Bidan Desa,  Siap Membantu Dalam Penanganan ODGJ

Pentingnya Pembentukan Desa Siaga Sehat Jiwa
Pentingnya Pembentukan Desa Siaga Sehat Jiwa 

JEPARA- Pagi tadi, Babinsa Koramil 08/Keling Serma Rosyidin menghadiri kegiatan pertemuan dan pembentukan Desa siaga sehat jiwa, yang diselenggarakan oleh pihak Puskesmas Keling II,  di  Baladi Desa Kaligarang. Babinsa bersama Babinkamtibmas dan bidan Desa, selalu siap sedia membantu dalam penanganan ODGJ. Senin (30/11/2020).


Kegiatan tersebut dilakukan guna meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang gangguan jiwa serta untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat Desa, untuk resiko dan bahaya gangguan jiwa, maka dari itu dinas kesehatan dari Puskesmas Keling II membentuk desa siaga sehat jiwa.


Babinsa Serma Rosyidin mengatakan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ memang perlu penanganan dan pengawasan yg serius , dimulai dari keluarganya yang harus rajin melaksanakan pengawasan.


Pengobatan atau pemberian obat dilaksanakan secara terus menerus dan tidak boleh tertunda apabila obatnya habis. Dengan adanya peraturan Menteri Kesehatan nomor 54 Tahun 2017 bahwa Orang dengan gangguan jiwa tidak boleh dipasung, akan tetapi dilaksanakan pengawasan oleh pihak keluarganya.


Untuk itu guna meningkatkan pengetahuan masyarakat desa tentang gangguan jiwa ini, maka masing-masing setiap Desa sekarang ini dibentuk desa siaga sehat jiwa, dimana desa siaga sehat jiwa ini, anggotanya terdiri dari kader kesehatan Desa, yang sebagai penanggung jawabnya adalah kepala desa.


“Kami sebagai Babinsa bersama Babinkamtibmas dan bidan Desa, selalu siap sedia membantu dalam penanganan ODGJ ini dan berharap dari pihak keluarga ODGJ agar bersabar dalam melaksanakan pengawasan dan pemberian obat-obatan pada penderita ODGJ, sehingga dengan pengawasan yang rajin, tentu akan membuahkan hasil dan harapan penderita ODGJ tersebut dapat pulih kembali.”Pungkasnya (Pendim 0719/Jepara-Mjp).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad