Pemvaksin Akademi TNI AL Sasar Pencari Ikan Juga Kunjungi Dan Suntikan Vaksin di Markas Paguyuban Nelayan

Pemvaksin dari AAL Memvaksin di atas perahu nelayan

Merdekajayapos.com SURABAYA - Tidak hanya menyasar nelayan saat mencari ikan di seputaran pantai Kampus AAL Bumimoro saja, pemvaksin Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) juga kunjungi langsung dan berikan suntikan vaksin bagi masyarakat maritim di markas paguyuban Nelayan Morokrembangan yang berlokasi di daerah Kalianak, Surabaya, Rabu (25/8/2021).

Hari ini sedikitnya 64 nelayan di kawasan tersebut telah terlayani suntikan vaksin dosis pertama yang dilakukan di dua tempat, yakni 17 orang di dermaga Halong Kesatrian AAL Bumimoro saat mereka melaut mencari ikan dan 47 orang lainnya di markas mereka, di daerah Kalianak, Surabaya.

Hal tersebut dikatakan Kepala Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Ka PPM), Setlem, AAL, Kolonel Laut (KH) Dr. Muh. Saichu mewakili Gubernur AAL, Mayjen TNI Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han)., saat memimpin kegiatan Serbuan Vaksinasi TNI AL ini di Dermaga Halong AAL, bersama Kasubditkes, Ditpers AAL, Letkol Laut (K) dr. Heru Nurdianto, Sp.U., dan Karumkit drg. Nainggolan AAL, Mayor Laut (K) drg. Sophian serta perwakilan Taruna AAL.

Pemvaksin dari AAL Memvaksin di kawasan kampung nelayan
Kastaman (60) warga Kalianak, Gang 3 Krembangan, Surabaya yang sejak kecil menekuni profesi nelayan ini mengaku senang dan berterima kasih mendapatkan perhatian dari TNI AL khususnya AAL dalam pelaksanaan vaksin ini.

“Saya sudah 3 kali mendatangi tempat vaksin, yang pertama saya antre namun tidak jadi vaksin karena tensi saya tinggi 190, yang kedua dan ketiga datang ke lokasi vaksin, namun kupon antrian sudah habis, dan vaksin dari Akademi TNI AL ini malah tidak disangka-sangka, saya lagi melaut di celuk (dipanggil), selain divaksin saya juga dapat sembako dan sepatu bot, rezeki nomplok ini, terimakasih AAL,” ujarnya.

Ia juga mewakili teman-temannya di Paguyuban Nelayan Morokrembangan mengucapkan terimakasih kepada TNI AL khususnya AAL yang telah membantu dalam mendapatkan vaksinasi ini.

Menurutnya, ia dan rekan rekan nelayan sebenarnya bukan tidak mau atau menolak divaksin, namun waktu mereka yang tidak ada, karena waktu siang hari digunakan untuk mencari nafkah, sementara vaksin bisa seharian menunggu antrian. 

Sementara itu Ka PPM menegaskan kembali pernyataan Gubernur AAL bahwa, TNI AL akan terus melancarkan serbuan vaksinasi di berbagai satuan, termasuk di AAL. Hal ini sebagai tindak lanjut dari arahan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono untuk membantu pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19 di wilayahnya masing-masing.

“Kita akan terus mendorong dan membantu agar serbuan vaksin ini terus berjalan sesuai yang diharapkan, yakni masyarakat dapat mendapatkan vaksinasi, sehingga kekebalan kelompok (herd immunity) dapat terbangun sesuai dengan yang dicanangkan pemerintah dalam percepatan penanganan covid-19 di Indonesia,” paparnya.

Bersama dengan pelaksanaan Serbuan Vaksinasi ini, AAL juga memberikan 60 bingkisan paket sembako dan sepatu bot kepada warga Paguyuban Nelayan Morokrembangan untuk membantu meringankan beban masyarakat.

"Selain sebagai bakti TNI/TNI AL kepada bangsa dan negara, juga sebagai salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi AAL dalam menjalankan pengabdian kepada masyarakat," pungkasnya.


Kontributor: Edi Sulton


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url