Kas KOARMADA III Pimpin Upacara HUT TNI AL Di Sorong

Para perwira koarmada III saat mengikuti upacara di Sorong


Merdekajayapos.com SORONG - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., mengatakan, sebagai bagian dari komponen utama pertahanan negara, TNI Angkatan Laut akan senantiasa mendukung setiap kebijakan pemerintah dalam menghadapi tantangan nyata saat ini. Tanpa mengurangi pelaksanaan tugas pokok sebagai garda utama pertahanan negara di laut, TNI AL juga berperan aktif mendukung prioritas pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. 

Hal tersebut dikemukakan Kasal dalam amanat tertulis yang dibacakan Kepala Staf Komando Armada III, Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., M.H., pada upacara peringatan Hari Jadi ke-76 TNI Angkatan Laut tahun 2021 di Mako Koarmada III Katapop, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Jumat 10/9/2021. Peringatan Hari Jadi ke-76 TNI AL mengangkat tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia tangguhm, Indonesia tumbuh” 

Kaskoarmada III memberikan tumpeng kepada prajurit dalam rangka HUT TNI AL

Upacara peringatan Hari Jadi ke-76 TNI AL di lapangan upacara Mako Koarmada III diikuti Inspektur Koarmada III Laksma TNI Dr. Toto Dwijaya S, Kapok Sahli Pangkoarmada III Laksma TNI Endra Sulistiyono, S.E., M.M., para pejabat utama, Komandan Satuan dan Kepala Dinas Koarmada, prajurit Koarmada III dan sejumlah Purnawirawan TNI AL dan Warawawuri. Meskipun berlangsung sederhana, upacara tersebut berlangsung khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Menurut Kasal lebih lanjut, mencermati situasi yang berkembang di tingkat global, regional dan nasional, kita harus menyadari bahwa ketahanan kita sebagai bangsa Indonesia sedang diuji. Isu-isu global yang mengemuka seperti perebutan sumber daya alam, kelangkaan energi dan sumber daya alam, perubahan iklim, dan kesenjangan ekonomi antar negara serta kebangkitan Taliban di Afganistan dapat menjadi pemicu yang menimbulkan kerawanan pertahanan dan keamanan di Indonesia. 

“Kekuatan Armada Kapal Perang, Pasukan Marinir, Pesawat Udara dan Pangkalan yang terintegrasi dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) merupakan keunggulan sekaligus warna dari TNI Angkatan Laut yang terus berbenah diri, membangun serta membina kekuatan dan kemampuan sebagai angkatan laut yang profesional, modern dan tangguh, tegasnya.  

Kasal juga menegaskan kepada seluruh jajaran TNI AL bahwa konsep operational ready force atau kekuatan yang siap dioperasikan harus diwujudkan dengan hasil nyata dengan indikator semakin banyak satuan-satuan operasi yang siap bertempur, semakin cepat dikerahkan, dan mampu berlayar, terbang serta berpatroli lebih jauh dan lebih lama di setiap medan operasi penugasan. 

“Meskipun di tengah pandemi Covid-19, dengan lengan baju tersingsing prajurit TNI Angkatan Laut tetap melaksanakan tugas-tugas operasi setiap hari.  Kekuatan laut yang bertumpu pada SSAT terdiri dari kapal perang, pesawat udara dan pasukan Korps Marinir TNI Angkatan Laut serta pangkalan tersebar dan akan selalu siap siaga di seluruh wilayah perairan nusantara, di perbatasan laut, di pulau-pulau terluar, di atas cakrawala biru, bahkan di daerah operasi perdamaian di bawah bendera PBB,” tegas Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.  


Kontributor: Edi Sulton

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url