Masyarakat Maritim Perbatasan RI Distrik Oekusi Timor-Timur Diserbu Vaksinasi TNI AL

TNI AL Gelar Vaksinasi Masyarakat Maritim Perbatasan RI Distrik Oekusi NTT
Danlantamal VII beserta istri meninjau pemvaksinan di perbatasan

Merdekajayapos.com KUPANG - Guna meningkatkan herd immunity, TNI AL melalui Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VII Kupang menggelar serbuan vaksinasi tahap I bagi masyarakat maritim di wilayah perbatasan negara RI - Distrik Oekusi Timor-Timur tepatnya di Desa Oepoli, Kec. Amfoang Timur, Kab. Kupang, NTT,  Selasa 21/09/2021.

Dengan menggunakan KRI Escolar-871 yang merupakan salah satu unsur Satrol Lantamal VII, kegiatan serbuan vaksinasi tahap I kepada masyarakat maritim yang berada di wilayah perbatasan RI-Timor Timur Distrik Oekusi tersebut dipimpin langsung oleh Danlantamal VII Kupang Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., dengan melibatkan vaksinator dari Diskes Lantamal VII, Dinkes Kab. Kupang, Dinkes Prov. NTT, Instansi terkait dan Puskesmas Amfoang Timur.

TNI AL Gelar Vaksinasi Masyarakat Maritim Perbatasan RI Distrik Oekusi NTT

Dalam serbuan vaksinasi yang tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut masyarakat maritim Desa Oepoli yang mendapatkan suntikan vaksinasi tahap pertama sejumlah 300 orang dengan vaksin jenis Sinovac. Selama kegiatan serbuan vaksinasi berjalan aman dan lancar tanpa ada gejala KIPI.

Disela-sela kegiatan serbuan vaksinasi, Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP.,  menyampaikan bahwa kegiatan serbuan vaksinasi di perbatasan RI – Timor Timur pesisir pantai Desa Oepoli ini dalam rangka HUT TNI ke 76 yang jatuh pada 5 Oktober mendatang. Selain itu juga untuk membantu program pemerintah yaitu mempercepat memutus penyebaran virus Covid – 19 di seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) terutama di Desa Oepoli  Kec. Amfoang Timur. 

Lebih lanjut Danlantamal VII mengatakan kegiatan ini perlu dilaksanakan disini karena terletak di wilayah perbatasan, khususnya masyarakat maritim Desa Oepoli ini yang paling sering berinteraksi dengan masyarakat negara Timor Timur yang ada di perbatasan.

TNI AL Gelar Vaksinasi Masyarakat Maritim Perbatasan RI Distrik Oekusi NTT
Nakes TNI AL Menggunakan sekoci untuk pemvaksinan

“Serbuan vaksinasi tahap pertama ini menyasar kepada para pemuda dan pelajar dikarenakan agar para pelajar bisa mendapatkan kekebalan tubuh yang baik sehingga bisa segera melaksanakan proses belajar mengajar dengan tatap muka. Namun meskipun sudah menerima vaksinasi harus tetap mematuhi Protokol Kesehatan karena kita tidak tahu bahwa pandemi Covid – 19 belum berakhir dan sampai kapan berakhirnya kita pun belum tahu,” Ujar Danlantamal VII. 

Setelah melaksanakan serbuan vaksinasi masyarakat maritim di Desa Oepoli, Danlantamal VII beserta rombongan dengan menggunakan KRI Escolar-871 mengunjungi Pulau Batek untuk melaksanakan vaksinasi terhadap prajurit Pengamanan Pulau Terluar yang belum di vaksin dan memberikan bantuan Sembako.

Serbuan vaksinasi bagi masyarakat maritim di wilayah perbatasan tersebut menindaklanjuti perintah Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., agar satuan TNI AL diseluruh Indonesia turut berperan aktif mewujudkan tatanan kehidupan yang baru terbebas dari wabah pandemi Covid-19 dengan menggunakan sarana dan prasarana yang dimilikinya.

Turut serta mendampingi Danlantamal VII yaitu Dansatrol Lantamal VII, Aspotmar Danlantamal VII, Kadiskes Lantamal VII, Camat Amfoang Timur, Kapolsek Amfoang Timur, Danposal Oepoli, Sekcam Amfoang Timur, Bati Pamtas RI-RDTL Oepoli, Ketua Korcab VII DJA II dan pengurus Korcab VII DJA II.


(Edi Sulton)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url