Puslatdiksarmil Kodiklat TNI AL Didik Coast Guard Basic Training Personil Bakamla RI


Merdekajayapos.com SIDOARJO - Sebanyak 119 personil Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia mengikuti Pendidikan Coast Guard Basic Training di Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal). Pembukaan Coast Guard Basic Training ini dibuka Kepala Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla Laksda Bakamla Tatit E Witjaksono mewakili Kabakamla RI. Adapun pembukaan tersebut dilaksanakan di Lapangan Samudera Puslatdiksarmil Kodiklatal Juanda Sidoarjo, Rabu, 15/9/2021.

Hadir dalam pembukaan tersebut para pejabat Bakamla dan pejabat Utama Kodiklatal antara lain Wadan Kodiklatal Laksda TNI Agus Hariadi, Direktur Latihan (Dirlat) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, S.E., M.M., M.Sc., CHRMP, Direktur Umum (Dirum) Laksma TNI  Gatot Hariyanto dan Komandan Puslatdiksarmil Kodiklatal Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo.

Kepala Bakamla RI Laksmana Madya TNI Aan Kurnia, Sos, M.M dalam amanat yang dibacakan Kepala Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla Laksda Bakamla Tatit E Witjaksono menyampaikan  sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 32 tahun 2014 tentang kelautan dan Peraturan Presiden Nomor 178 tahun 2014 tentang Badan Keamanan Laut RI, Bakamla RI merupakan lembaga pemerintah nonkementerian yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden, dengan tugas melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

Inspektur upacara periksa pasukan upacara pembukaan diksar Bakamla

Seiring dengan perkembangan lingkungan strategis, Bakamla RI terus berupaya meningkatkan kompetensi personel yang didukung dengan program pengembangan sumber daya personel di Bakamla RI. Salah satu program pelatihan yang utama, dan perdana untuk diajarkan ke seluruh personel Bakamla RI, adalah Coast Guard Basic Training ini.

Kepada para peserta Coast Guard Basic Training  agar memiliki rasa bangga, karena tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mengemban pelatihan ini. Tanamkan rasa saling memiliki, kepada instansi yang kita cintai, Bakamla RI. Tanamkan rasa pengabdian yang tinggi, kepada ibu pertiwi.

Menurutnya Coast Guard Basic Training ini merupakan pelatihan yang esensial dan paripurna. Tidak hanya untuk membentuk kemampuan personel. Karakter, kompetensi, dan mental penjaga lautan nusantara, turut dibina dalam pelatihan ini

Kabakamla RI ini yakin, dengan adanya Coast Guard Basic Training, dapat mewujudkan kompetensi personel Bakamla RI sesuai standar yang diharapkan. Bahkan mampu bersanding dengan jajaran komunitas coast guard manca negara. Sikap kerja yang profesional, jiwa kepemimpinan, dan kemampuan inovasi produktif, diharapkan dapat terbentuk melalui kegiatan pelatihan ini

Hal ini sejalan dengan cita-cita kita semua, untuk mewujudkan Bakamla RI sebagai Indonesia Coast Guard. Sebagai institusi penjaga keamanan dan keselamatan laut yang handal, modern dan berkelas dunia.


(Edi Sulton)




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url