Diskan Jepara Adakan Pelatihan Bina Mutu Dan Keamanan Hasil Perikanan Bagi Poklahsar Skala Mikro Dan Kecil

Para peserta pelatihan binaan Dinas perikanan Jepara

Merdekajayapos.com | JEPARA-  Pasca pencanangan kampung Bandeng Kartini yang diinisiasi BBPBAP dalam rangka HUT Kementerian Kelautan dan Perikanan ke 22 di Ujungwatu Donorojo Jepara 21/10/2021,sebagai tindaklanjut oleh Dinas Perikanan Kabupaten Jepara, diadakan pembinaan pada 5 (lima) kelompok pengolah dan pemasar (Poklahsar) yaitu Barokah desa Ujungwatu, Baruna dua desa Sekuro, Tunas Makmur desa Karanggondang, Mina Barokah desa Kelet dan Wafiq food desa Krapyak.

Bertempat di Dapur Semar Resto Pecangaan, dibantu instruktur ahli masak terkenal Muhammad Rozikin dan David Choirul Wafa beserta kru, selama 3 (tiga) hari yaitu Rabu 27/10/2021 sampai Jumat 29/10/2021, diikuti dengan antusias para peserta  didampingi para penyuluh perikanan, yaitu Muh. Taufan, Titis Rahayu Purbaningtyas dan Iffa Alifah.

Hadir memberikan sambutan dan membuka acara, Kepala Dinas Perikanan Wasiyanto, didampingi Kabid Usaha Peningkatan Mutu Hasil Perikanan Deny Ana I’tikafia, Kasi Peningkatan Mutu dan Diversifikasi Produk Supriyanti dilanjut pengarahan dari DPRD Jepara Komisi A Muhammad Siroj fraksi PKB, Tekhnikal meeting dan praktek mengolah aneka hasil perikanan khususnya bandeng.

Para peserta sedang praktik

Menurut Kepala Dinas Perikanan , ”Peningkatan Mutu Hasil Perikanan  perlu secara rutin dibina agar konsumen tertarik untuk membeli, salah satu diantaranya adalah pemberian nama olahan dan juga kemasan yang unik dan menarik, seperti yang akan dilakukan antara lain, Bandeng Korean Friters, Sushi bandeng, Skewer, Dinsum, bandeng cabut duri saus Thailand dan masih banyak lagi", jelasnya.

Pesan dan arahan dari DPRD pun tidak luput dari perhatian peserta,”Faktor pemasaran menjadi  trik tersendiri, jangan segan apalagi sungkan dalam mempromosikan, harus gencar, terus menerus serta tidak patah semangat, adalah kunci keberhasilan” ujarnya memberikan semangat kepada peserta pelatihan.

Pelatihan bertujuan antara lain, meningkatkan ketrampilan peserta, memperkenalkan  aneka olahan bahan baku ikan bandeng terutama pada poklahsar, meningkatkan pemahaman tentang mutu dan keamanan pangan, meningkatkan konsumsi ikan di kabupaten Jepara dan menigkatkan pemahaman tentang pentingnya gizi ikan melalui membudayakan makan ikan (gemarikan).

Sebelum ditutup  acara pelatihan ini, diadakan evaluasi hasil  karya tiap kelompok dan perorangan, untuk memberikan semangat peserta, diberikan doorprice dari chef Novi panggilan akrab instruktur Mohammad Roziqin. (Edi Sulton).

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url