Komandan Puskopaska Buka Latihan Operasi Kontra Teror Maritim

Danpuskopaska saat memberikan sambutan

Merdekajayapos.com | SURABAYA-- Komandan Pusat Komando Pasukan Katak (Puskopaska) Laksmana  TNI Pertama Y. Bramantyo membuka latihan Operasi Kontra Teror Maritim Tahun Anggaran 2021 di Gedung CIC Satkopaska Koarmada II Ujung Surabaya Kamis 28/10/2021. 

Pembukaan diikuti oleh pelaku latihan Satkopaska Koarmada I, II, dan III dengan Tema “ Puskopaska melaksanakan latihan Operasi Kontra Teror Maritim di Perairan Surabaya dan sekitarnya dalam rangka menjaga keamanan laut Yurisdiksi Nasional”. 

Dengan dibukanya latihan Kontra Teror Maritim yang akan dilaksanakan tanggal 28 Oktober - 10 November di Satkopaska Koarmada II, Juanda, APBS dan sekitarnya,  sekaligus dimulainya Gladi posko yang dilaksanakan di Mako Puskopaska diikuti oleh seluruh peserta latihan yang dilanjutkan dengan manuver lapangan (Manlap) yang akan melibatkan alutsista TNI AL terdiri atas Kapal Perang, Helly dan pesawat udara.   

Komandan Puskopaska Laksamana Pertama  TNI Y. Bramantyo dalam amanatnya menyampaikan kepada jajaran yang tergabung dalam latihan untuk melaksanakan secara serius sesuai perintah Kepala Staf TNI Angkatan Laut,  dimana salah satu sasarannya adalah meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta profesionalisme prajurit Kopaska dalam melaksanakan operasi peperangan laut khusus.

Para perwira puskopaska saat pembukaan lat Ops kontra teror maritim

" Disamping juga meningkatkan kemampuan perwira Kopaska dalam menganalisa serta merumuskan konsep operasi pada tingkat Satgas sekaligus uji doktrin yang kita miliki dalam penanganan operasi peperangan laut khusus, sedangkan sasaran yang hendak dicapai dalam latihan ini adalah diharapkan prajurit Kopaska mampu dan menguasai serta mahir dalam melaksanakan : Crisis action Planning Airbone Operation    dengan metrode terjun freefall dan Fash rope, Small boat tactic, Explosive Ordnance Disposal (EOD), Visit Boat search Rescue and Seizure (VBSS) dan Close Quarter Battle (CQB)", tegas Danpuskopaska.

Pada akhir Amanatnya Komandan Puskopaska menekankan beberapa hal supaya dimengerti, dipedomani dan dilaksanakan antara lain agar seluruh peserta latihan berdoa pada setiap kegiatan serta melaksanakan latihan dengan serius dan tanggung jawab disertai motivasi, dedikasinya dan semangat yang tinggi, kerjasama dan kebersamaan diantara peserta latihan serta wujudkan komunikasi yang baik diantara unsur-unsur peserta latihan baik staf, wasdal, pelaku, Denlat maupun pendukung latihan dan satuan samping agar tercapai latihan yang maksimal.

 Komandan Puskopaska juga menekankan agar tetap diperhatikan factor keamanan dan keselamatan personil maupun material, eliminir sekecil mungkin kesalahan latihan dan wujudkan zero accident  dan tetap melaksanakan protokol kesehatan. 

Tururt hadir dalam kegiatan tersebut Wadan Puskopaska Kolonel Laut (P) Baroyo EB, MM (Wadirlat), Sahli Koarmada II Kolonel Laut (T) Yosua Dominggus A (Kawasdal), Komandan Pusdiksus Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko (Katim Penilai) dan para Direktur Puskopaska. (Edi Sulton).


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url