Siswa Diktukpa Angkatan LI dan Diktupakat TA 2021 Korps Elektro Dapatkan Pembekalan Kadissenlek TNI AL

Kadisenlekal memberikan pembekalan kepada siswa diktukpa dan diktupakat


Merdekajayapos.com | SURABAYA - Dalam upaya meningkatkan kemampuan, keahlian dan kualitas calon pengawak Alutsista TNI AL, Kepala Dinas Materiel Senjata dan Elektronika TNI Angkatan Laut (Kadissenlekal) Laksma TNI Endarto Pantja I., S.T., M.T., memberikan pembekalan kepada 76 Siswa TNI AL Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) Angkatan ke-51 dan Pendidikan Pembentukan Perwira Singkat (Diktupakat) TA 2021 Korps Elektronika melalui Vidio Conference (Vicon), Rabu, 6/10/2021.

Pembekalan melalui Vicon yang dilaksanakan di Ruang Auditorium Gedung R Sudomo Pusat Latihan Operasi Laut (Puslatopsla) Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya tersebut dihadiri Paban IV Evadik Ditjianbang Kodiklatal Kolonel Laut (E) Gunawan Tri Atmojo, Komandan Pusdiklek dan para Komandan Sekolah dilingkungan Pusdiklek Kodikdukum.

Sebagai Corps Chief, Laksma TNI Endarto Pantja I., S.T., M.T., ini memberikan materi pembekalan berupa hakekat perwira, asas pembinaan karier, pola pendidikan, pola penugasan, kenaikan pangkat, pembinaan perwira Korps Elektronika dan diakhiri penekanan dari Kadissenlekal kepada para siswa Diktukpa dan Diktukpakat.

Siswa diktukpa dan diktupakat saat mengikuti pembekalan

Menurutnya hakekat Perwira yang juga sebagai seorang Pemimpin mempunyai tanggung jawab besar yang harus diemban, harus dapat menyesuaikan dengan pola tindak, pola sikap dan pola pikir, mampu menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan secara utuh dan peduli serta peka terhadap berbagai permasalahan anak buah.

Selain itu seorang perwira perlu switching mental bahwa dirinya sebagai kepanjangan tangan dari pemimpin TNI AL yang harus berani mengambil keputusan, berani tampil dan memberikan ide-ide serta pemikiran yang membangun, menjadi tulang punggung organisasi yang harus tanggap tanggon trengginas dan harus meningkatkan profesionalisme kreatifitas dan inovasi.

Di bidang asas pembinaan karier  Kadissenlekal menyampaikan bahwa ada lima asas yang perlu diperhatikan sebagai prajurit perwira anatara lain pertama asas keterbukaan atau open manajemen bahwa personel berhak mengetahui apa dan bagaimana kariernya, kedua asas selektif yaitu personel berhak mendapatkan prioritas utama dalam pembinaan karier.

Ketiga adalah asas kekenyalan yaitu pelaksanaan pembinaan karier disesuaikan dengan perkembangan keadaan dan perubahan organisasi. Keempat asas keadilan yaitu setiap peronil diberi hak dan kesempatan yang sama dalam pendidikan, penempatan jabatan dan kenaikan pangkat, sedangkan terakhir adalah azas keseimbngan yaitu  pembinaan karier harus seimbang antara kepentingan dinas dengan kepentingan pribadi prajurit.

Sedangkan dalam pembinaan perwira Korps Elektronika Kadisenlekal menyampaikan bahwa  perwira Korps Elektronika harus memegang teguh kode etik perwira, konsisten pada aturan, menghimpun data personil yang akurat untuk kepentingan dinas, mampu membina hubungan yang baik dalam pelaksanaan kerja dan memberi reward serta punishment kepada personel yang memeiliki prestasi. (Edi Sulton)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url