Siswa Satdik 3 Kodiklatal Sorong Lanjutkan Lattek Pelayaran ke Ternate dan Tidore

Siswa satdik 3 Kodiklat sorong saat parade di KRI


Merdekajayapos.com | SORONG - Sebanyak 249  siswa TNI AL dari Satuan Pendidikan (Satdik) 3 Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan  Latihan TNI AL (Kodiklatal) 3 Sorong Papua Barat yang terdiri Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) dan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Angkatan XLI TA. 2021  kembali melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) pelayaran menuju Ternate dan Tidore  menggunakan KRI Teluk Banten-516, Rabu, 6/10/2021. 

Sebelum melaksanakan Lattek pelayaran dengan menggunakan KRI Teluk Banten-516, para siswa Satdik 3 ini sebelumnya telah melaksanakan Lattek pelayaran dengan menggunakan 4 KRI, yaitu KRI Tarakan-905 dengan rute pelayaran perairan sekitaran wilayah kerja Koarmada 3 dan Jayapura. Yang kedua Lattek pelayaran menggunakan KRI Teluk Lada-521 dengan rute pelayaran Sorong - Makassar. 

Selanjutnya yang ketiga yaitu Lattek pelayaran dari Makassar menuju Surabaya dengan menggunakan KRI Makassar-509. Dan yang terakhir adalah Lattek pelayaran dari Surabaya ke Sorong dengan menggunakan KRI Teluk Banten-516 dan dilanjut dari Sorong menuju Ternate dan Tidore dengan menggunakan KRI yang sama yaitu KRI Teluk Banten-516.

Siswa satdik 3 turun dari KRI Teluk Banten - 516

Lattek pelayaran yang dilaksanakan oleh siswa Dikmaba dan Dikmata TNI Angkatan Laut angkatan XLI Satdik 3 Sorong T.A. 2021 ini adalah bagian dari program pendidikan Satdik 3 Sorong tahap Dasar Golongan Lanjutan (Sargolan) yang akan mereka tempuh selama 2 (dua) bulan penuh.

Komandan Satdik 3 Sorong Kolonel Laut (P) Friche Flack menyampaikan dengan dilaksanakannya praktek pelayaran menggunakan 4 (empat) KRI selama 2 (dua) bulan penuh diharapkan para siswa lulusan Satdik 3 Sorong  Angkatan XLI TA. 2021 ini nantinya akan mampu dan siap dalam penugasan, terutama di KRI. 

Didalam pelaksanaan Lattek ini Dansatdik 3 menjelaskan bahwa mereka sudah terbagi kedalam tiap-tiap kejuruan masing-masing dengan dilatih oleh para senior sesama kejuruan mereka untuk mengawaki bidang penugasan mereka di KRI selama kapal berlayar maupun sandar.

Menurutnya pada Lattek pelayaran kali ini seluruh siswafff Satdik 3 Sorong TA 2021 selain menerapkan ilmu yang didapat selama menempuh pendidikan juga akan Bhaskara Jaya (SBJ) Mini TNI Angkatan Laut TA 2021 dengan kegiatan sosial berupa Vaksinasi Covid 19 dan Sunatan masal di wilayah Tidore. (Edi Sulton).

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url