Taruna Melati Tingkat I Diadakan Qobilah K.H Ahmad Dahlan Dan Nyi Walidah SMK-SMA Muhammadiyah Mayong

Anggota Koramil Mayong melatih peserta taruna melati

Merdekajayapos.com | JEPARA- Pelatihan Kader Dasar Melati I merupakan pengkaderan bagi anak-anak yang tergabung di organisasi Hizbul Wathan. Taruna Melati I merupakan agenda tahunan dari Hizbul Wathan Qobilah K.H Ahmad Dahlan dan Nyi Walidah SMK-SMA Muhammadiyah Mayong yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 23/ 10/2021M/ 16 Rabiulawal 1443 H. Pelaksanaan kegiatan tersebut tak luput dengan prokes yang ketat ditengah pandemi saat ini.

Sebanyak 32 siswa perwakilan dari kelas XI dan XII yang siap menjadi kader Hizbul Wathan dan telah memiliki syarat kenaikan tingkat penghela Taruna Melati I. Dalam kegiatan tersebut  diawali dengan apel pembukaan yang dipimpin oleh H. Choiruzaed selaku kepala SMK Muhammadiyah  Mayong menyampaikan bahwa, "Taruna Melati merupakan kader dari Hizbul Wathan yang sejati menjadi ujung tombak, sehingga dapat menjadi panutan dan pelatih adik-adik kelasnya".

Setelah apel pembukaan dilanjutkan dengan materi yang pertama yaitu latihan Baris Berbaris ( LBB ) yang dilatih oleh empat anggota Koramil Mayong. Lebih lanjut, maksud diberikan materi LBB ini adalah memberikan suatu latihan awal dalam membela negara dan menanamkan rasa disiplin pada siswa.

Kemudian dilanjutkan materi dari Muhammdiyah Disaster Management Center ( MDMC ) yang memberikan materi tentang P3K, Covid 19 dan  pernyataan sistem penanggulangan bencana alam yang menjadi salah satu unsur penopang utama.

Peserta taruna melati tingkat I

Dua materi terlampui, setelah ISHOMA dilanjutkan dengan Uji Kenaikan Tingkat (UKT ) dalam tiga pos yang dibentuk per kelompok. Dibentuknya kelompok agar antara peserta UKT yang satu dengan yang lain dapat berinteraksi secara langsung, peduli dengan hubungan teman dan ada rasa kerja sama yang baik.

Di penghujung kegiatan Taruna Melati ini ditutup dengan acara pensi yang menampilkan dari perwakilan kelompok. Kemudian ditutup dengan apel penutupan dan penyematan tanda jabatan Taruna Melati secara simbolis oleh Bunda Panca Santi HS.

Dalam sambutan apel penutupan bunda Panca Berpesan kepada peserata, beliau mengatakan " setelah kegiatan ini, kalian ada amanah untuk menularkan ilmu-ilmu kepanduan kalian ke adek kelas, jadi tanda jabatan Taruna Melati 1 perlu di renungi dan di buktikan bahwa kalian memang tepat mempunyai tanda jabatan ini" (Edi Sulton).

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url