Koarmada II Adakan Program Laut Bersih Kawasan Kenjeran Surabaya

Prajurit TNI AL bersama komponen masyarakat, berbaur melaksanakan aksi bersih-bersih pantai sekitar kawasan wisata bahari Jawa Timur, tepatnya di bentang barat dan timur Jembatan Suramadu sisi Surabaya. Jumat, ( 12/11/2021).

Merdekajayapos.com SURABAYA, Kenjeran sebuah kawasan pantai atau pesisir di wilayah timur Surabaya, jadi target karya bakti TNI Angkatan Laut yang bertajuk Program Laut Bersih atau Prolasih, sebuah program TNI AL yang telah direncanakan dan berkelanjutan. Meski mendung tipis menggelayut namun tidak menyurutkan semangat ratusan peserta dari beragam komponen masyarakat, untuk berbaur melaksanakan aksi bersih-bersih pantai sekitar kawasan yang menjadi ikon wisata bahari Jawa Timur ini, tepatnya di bentang barat dan timur Jembatan Suramadu sisi Surabaya, pada Jumat 12/11/2021.

Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han) didampingi oleh Wali Kota Surabaya, Bapak Eri Cahyadi, memimpin langsung aksi tersebut. Sekitar 700 lebih peserta berpartisipasi dalam kegiatan yang bertujuan menciptakan kawasan maritim yang bersih, hijau, dan indah ini. Sejumlah komponen masyarakat yang dimaksud antara lain Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jatim, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Jawa Timur ,DPC INSA Surabaya, FKUB, Lions Club Surabaya,  Organisasi lingkungan hidup Tunas Hijau Surabaya, Tanto Lines, Satuan samping TNI/POLRI (Polsek dan Koramil Kenjeran), Lantamal V,dan Prajurit TNI AL wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Juga tentunya beberapa satuan dinas yang berada dibawah komando Pemkot Surabaya, seperti Dinas Kebersihan, Dinas PMK, Dinas PU dan Pematusan, Dinas Kebersihan, Satpol PP, Linmas  Pemkot Surabaya. Kemudian Bank Jatim Cabang Perak, Surabaya, lalu  organisasi pemuda setempat (Pemuda Pancasila, Karang Taruna, Banser Kec Kenjeran dan Bulak Surabaya), Tokoh agama, Tokoh Masyarakat dan tokoh adat setempat, dan masyarakat  Kecamatan Kenjeran dan Kecamatan Bulak.

Selain aksi bersih-bersih, Prolasih TNI AL 2021 juga diwarnai dengan kegiatan Vaksinasi Maritim kepada 500 masyarakat pesisir di sekitar Kecamatan Kenjeran dan Bulak Surabaya. Serta Pemberian bantuan kemanusiaan dari Pangkoarmada II dan Wali Kota Surabaya kepada masyarakat nelayan setempat berupa sembako, alat kebersihan dan material kesehatan yang disiapkan oleh Bank Jatim dan Lions Club. Pemberian bantuan sosial juga langsung diberikan kepada para Nelayan yang baru pulang melaut.

“Bertumpuk-tumpuk barokah yang diberikan pada hari ini. Harapan kita bersama dengan adanya Program Laut Bersih ini, menjadikan kawasan di sekitar Suramadu khususnya di bentangan bagian timur dan barat sisi Surabaya tercipta lingkungan yang bersih, clean and green sehingga bisa dinikmati oleh siapa saja yang datang kesini, sehingga bisa meningkatkan pariwisata Surabaya,“ ujar Laksda Iwan saat membuka aksi bersih-bersih tersebut.

Pangkoarmada II saat meninjau prolasih

Laksda Iwan pun memastikan jika program ini (Prolasih) tidak berhenti hanya setahun sekali namun berkelanjutan.”Selanjutnya atas nama seluruh prajurit Koarmada II, dan juga mewakili Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. karena ini adalah perintah langsung Kasal untuk melaksanakan tugas-tugas kebersamaan dengan wilayah, saya mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada Wali Kota Surabaya dan segenap instansi dan kesatuan yang telah mendukung. Semoga kegiatan ini bisa menjadikan Surabaya sebagai kota yang bersih, sehat dan hijau,” pungkas Laksda Iwan.

Ucapan terima kasih juga diucapkan oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, yang mengungkapkan jika kehadiran Pangkoarmada II dan jajaran selalu memberikan dampak yang sangat signifikan kepada Kota Surabaya salah satunya kebersihan laut. “Kami siap berkolaborasi dalam Prolasih selanjutnya, juga dalam setiap kegiatan Koarmada II Insya Allah Pemkot Surabaya akan support sepenuh hati karena Surabaya  bisa menjadi kota yang hebat apabila bisa selalu berkolaborasi dan senantiasa mendapat bimbingan dari Pangkoarmada II,” tutur Eri.

Ikut hadir Komandan Lantamal V Surabaya, pejabat utama Koarmada II dan Lantamal V, Kepala  OJK regional  Jatim, Ketua INSA, Direktur Lions Club, Direktur Tunas Hijau dan undangan lainnya.   (Edi Sulton).

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url