Masuk Ke Dunia Anak Didik, Guru Akan Mudah Memberikan Pemahaman Konsep Dasar Pembelajaran

Di era pendidikan zaman NOW, peran guru dalam KBM bukan hanya diproyeksikan untuk mengajar saja. Akan tetapi, guru harus memastikan bahwa anak didiknya dapat memahami konsep dasar dan tujuan pembelajaran tersebut.

Andika Fajri Mubarok bersama muridnya

Secara lebih spesifik guru juga diharapkan mampu mengajarkan bagaimana mengkonstruksi sebuah konsep, sehingga anak didik bukan hanya mengerti untuk jangka pendek melainkan juga jangka panjang.

Strategi yang dapat dilakukan untuk menjadikan anak didik mengerti konsep dasar, salah satunya adalah dengan mengaitkan pembelajaran dengan fenomena yang sedang hangat serta contoh real di lapangan. 

KEKINIAN merupakan tajuk yang mesti diupayakan guru-guru masa kini. Berupaya memahami dunia anak didik dengan segala bentuk dinamikanya. 

Sebagai gambaran saja, guru SD kelas rendah harus memahami tentang jenis-jenis film kartun yang disukai anak didiknya dan begitu pula untuk jenjang lainnya. Dari situlah guru dapat membangun kedekatan emaosional dengan mereka. 

Hal tersebut menjadikan guru lebih mudah untuk mentransfer value atau nilai kebaikan, bahkan meluruskan jika ada kesalahan penafsiran dari anak didik akan hal yang disukainya tersebut.

Guru yang dapat masuk sekaligus memahami dunia anak didiknya akan diberikan label sebagai guru yang " nyambung serta asyik " Bahkan tidak jarang juga guru yang seperti itu menjadi rujukan atau _wadah curhat_ dari anak didiknya, dan itu merupakan sebuah nilai plus.

Tetapi perlu diingat, harus tetap memperhatikan batas-batas kewibawaan dan kode etik guru. 

Selamat Hari Guru Nasional Ke-76  Guru, Asyiklah Sesuai Porsinya.


Penulis : Andika Fajri Mubarrok



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url