Siswa Kodiklat TNI AL Wira Jala Yudha Praktik Berlayar di Kapal Perang KRI

Merdekajayapos.com SURABAYA-, -- Peserta Latihan Praktek (Lattek) Wira Jala Yudha 2022 terdiri dari Siswa Dikmata XLI gelombang 1 dan Siswa Pendidikan Pertama Perwira (Dikmapa) Angkatan XXVIII khusus tenaga kesehatan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) mendapat pelajaran tentang kehidupan dan tugas di kapal perang dari para Instruktur selama pelayaran menggunakan KRI  dr. Soeharso-990, Ahad 9/1/2022.

3 Hari Lattek Berlayar Kodiklatal TNI AL Wira Jala Yudha Kenali Hidup di KRI

3 Hari Lattek Berlayar Kodiklatal TNI AL Wira Jala Yudha Kenali Hidup di KRI
Peserta Wira jala yudha langsung menerima arahan dari perwira KRI

Siswa Lattek berlayar di KRI dr. soeharso-990 selama 3 hari di Laut Jawa, Peserta mendapat materi awal  pembekalan dari instruktur terutama tentang pengenalan tugas dan tanggung jawab setiap personel di kapal perang sesuai dengan bidang korpsnya.

Materi yang telah dilatihkan selama 3 hari berlayar antara lain,  tentang cara mengemudi kapal, mengeplot dan membaca peta serta peran naik turun jangkar, sementara itu Dikmapa Kesehatan mendapat materi   bantuan hidup dasar (BHD) dari siswa Dikmapakes.

Peserta Wira jala yudha langsung menerima arahan dari perwira KRI
Bama KRI memberikan materi peralatan bahari

Sementara itu, rencana materi yang diajarkan yakni, PUDD Khas TNI AL, pengenalan Dinas Jaga, pengenalan peralatan medis dan penanganan medis di kapal khususnya bagi siswa Dikmapa Kesehatan dan  pengenalan peran-peran dalam operasi laut seperti, persiapan kapal berlayar dan bertempur, peran muka belakang, peran parade, peran pemanduan, peran melewati medan ranjau, peran tempur bahaya umum (Gunnex), peran lego jangkar, peran heli, peran penyelamatan kapal (PEK), peran peninggalan kapal.

Jumlah peserta  yang ikut kegiatan  Wira Jala Yudha sebanyak 957 orang terdiri dari Satgas 94 orang dan  Siswa Dikmata XLI gelombang 1 terdiri Kodikopsla 300 orang, Kodikdukum 273 orang, Siswa Kodikmar  250 orang siswa dan Siswa Dikmapa  Angkatan XXVIII khusus tenaga kesehatan.

Dalam Lattek  ini,  TNI AL  mengikutsertakan sebuah helikopter HS 4211 dari Pusnerbal. Heli ini selain sebagai sarana latihan,  juga diperuntukan sebagai evakuasi medis udara apabila terjadi kedaruratan yang memerlukan pertolongan cepat menuju sarana kesehatan di darat. (Edi Sulton).

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url