Danpuskopaska Sematkan Brevet Kehormatan Pasukan Katak Kepada Pangkoarmada II

Merdekajayapos.com SURABAYA- Dentuman TNT dan rentetan tembakan peluru hampa dari Tim Demolisi Kopaska, menambah sakral Upacara Penyematan Brevet Kehormatan “ Manusia Katak” (pasukan katak) kepada Panglima Koarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, yang berlangsung di Dermaga Madura Markas Koarmada II di Surabaya, Rabu (23/3/2022).

Danpuskopaska ( kanan) menyematkan baret Kopaska kepada Pangkoarmada II

Brevet Kehormatan Manusia Katak disematkan langsung oleh Komandan Pusat Pasukan Katak (Danpuskopaska), Laksma TNI Y. Bramantyo N.S., dihadapan sejumlah pasukan elit TNI AL yang memiliki kemampuan khusus, diantaranya Satuan Kapal Selam Koarmada II, Satkopaska Koarmada II, dan Dislambair Koarmada II.

Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska), adalah salah satu komponen penting sebagai pasukan elit TNI AL yang mempunyai spesialisasi  khusus yaitu Peperangan Laut Khusus. 

Sebelum disematkan Brevet Kehormatan pasukan katak atau Manusia Katak, lebih dulu Pangkoarmada II mengikuti serangkaian simulasi yang telah disiapkan antara lain Penembakan Musuh, Fast Rope, Patroli, Kontak Menghindar dan Demolisi. Simulasi dilaksanakan dengan dukungan unsur helicopter HU-4216, Sea Rider, KAL, serta melibatkan sekitar 200 personel.

Simulasi tersebut merupakan penerapan dari upaya meningkatkan profesionalisme, keterampilan, dan kesiapan operasional Satuan Kopaska agar mampu mengatasi segala sesuatu yang dapat mengancam, membahayakan kedaulatan negara, keselamatan bangsa dan kepentingan nasional di bidang maritim.

pangkoarmada II mengikuti simulasi penyerangan Kopaska

Sementara itu setelah resmi menjadi warga kehormatan Kopaska, Pangkoarmada II menyatakan rasa bangga yang tidak terhingga. “ Rasa bangga yang tak terhingga dari diri saya telah menjadi bagian secara langsung, bisa merasakan detak jantung dari Pasukan Katak Koarmada II khususnya,” ungkap Laksda Iwan-sapaan karib Pangkoarmada II.

Lebih lanjut menurut Pangkoarmada II, Pasukan Katak sebagai pasukan khusus TNI AL tidak hanya dituntut masalah intelejensi pada saat penyerangan, penyerbuan dan pertempuran. Tapi juga perlu memiliki kemampuan jasmani yang prima agar mampu menghancurkan musuh secara cepat dan tepat.

“Kedepan saya akan bisa mengembangkan apa yang bisa saya miliki untuk kemajuan Pasukan Katak dan juga operasi-operasi lainnya berkaitan dengan tugas-tugas yang diemban Pasukan Katak,” tegas Laksda Iwan.

Disisi lain, orang nomor satu di jajaran Koarmada II ini menambahkan, selaras dengan perintah pimpinan yakni Kasal Laksamana TNI Yudo Margono mengenai upaya pembangunan SDM TNI AL yang unggul, maka sebagai upaya menjaga dan meningkatkan naluri tempur prajurit Komando Pasukan Katak, dilaksanakan kerjasama berupa latihan bersama dengan para pasukan khusus dari berbagai negara lain seperti Navy Seal, juga pasukan khusus dari matra lain seperti Kopassus, Densus 88 agar dapat mengukur dan mengetahui perkembangan kemampuan Kopaska sehingga mampu menjawab tantangan saat negara membutuhkan. (Edi Sulton). 


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url