Antisipasi Virus PMK Babinsa Serma Sugeng Pantau Ternak di Desa Clering

JEPARA Merdekajayapos.com – Babinsa Serma M.Sugeng anggota Koramil 12/Donorojo melakukan pemantauan dan pengecekan peternakan milik salah satu warga yang ada di Desa Clering, Kecamatan Donorojo. Kegiatan ini dilakukan Babinsa Serma M. Sugeng sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Rabu (8/6/2022).

Antisipasi Virus PMK, Babinsa Serma Sugeng Pantau Dan Cek Ternak Sapi Warga Desa Clering
Babinsa pantau ternak sapi

Antisipasi Virus PMK, Babinsa Serma Sugeng Pantau Dan Cek Ternak Sapi Warga Desa Clering

Babinsa Serma M. Sugeng menjelaskan kegiatan pengecekan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi dan deteksi dini terhadap penyakit mulut dan kuku (PPMK) ternak sapi dan kambing di wilayah binaan yang ada di Desa Clering.

“Kami turun langsung memantau kesehatan sapi di sejumlah peternakan yang ada di Kabupaten Jepara. Tujuannya untuk melakukan screening untuk mencegah penyebaran virus PMK,” Kata Babinsa Serma M. Sugeng.

Lebih lanjut, Babinsa menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk membantu Pemerintah Daerah dalam melakukan langkah-langkah antisipasi penyebaran virus PMK pada hewan ternak.

Langkah yang telah kami dilakukan di antaranya melakukan survei ke peternakan warga serta mengintensifkan edukasi kepada masyarakat sampai level desa atau kelurahan.

Sedangkan ditempat terpisah, Danramil 12/Donorojo Kapten Chb Edi Susanto mengatakan bahwa pihaknya akan terus bekerjasama dengan dinas pertanian Kecamatan Donorojo, Polsek, Kecamatan, desa, perangkat sampai tingkat RT untuk melakukan pengecekan hewan ternak secara berkala serta mendata jumlah ternak, pemilik dan alamatnya supaya dapat memetakan posisi kerawanan.

“Kami juga menyampaikan kepada Babinsa untuk selalu mengimbau kepada warga jika hewan ternaknya mengalami sakit agar dipisahkan dengan hewan ternak lainnya. Hal itu dilakukan untuk penanganan dini virus PMK agar tidak menular ke hewan ternak lain,”terangnya. (@ries).


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url