Dua KRI Bertemu Dua Kapal Di Selat Singapura, Ada Apakah?

SELAT SINGAPURA Merdekajayapos.com -  Dua Kapal Perang Republik Indonesia KRI kelas Mine Hunter dari jajaran Satuan Kapal Ranjau (Satran) Koarmada II , yakni KRI Pulau Rengat-711 dan KRI Pulau Rupat-712 peserta Latihan Bersama (Latma) Joint Minex Pandu 2022 dengan  dengan Angkatan Laut Singapura atau Republic of Singapore Navy (RSN) melaksanakan latihan peperangan ranjau bersama di Selat Singapura, pada Ahad (14/8/2022).

Kapal perang RI dan kapal perang Singapura saat berlatih di selat Singapura

Selain melibatkan dua kapal perang TNI AL KRI Pulau Rengat-711 dan KRI Pulau Rupat-712, dalam latihan peperangan ranjau tersebut juga melibatkan dua dari RSN yaitu RSS Bedok dan RSS Punggol.

Dansatgas Latma Joint Minex Pandu 2022 yang juga Komandan Satuan Kapal Ranjau (Dansatran) Koarmada II, Kolonel laut (P) Khalimul Khakim menyampaikan bahwa Latma yang diselenggarakan antara Indonesia dan Singapura ini rutin diselenggarakan setiap dua tahun sekali dan bertujuan untuk memperkuat hubungan serta meningkatkan kerja sama, interoperabilitas dan pemahaman antara TNI AL dan RSN khususnya mengenai peperangan ranjau.

Prajurit TNI AL bersiaga saat latihan bersama di selat Singapura

Selama Latma Joint Minex Pandu 2022 latihan yang dilaksanakan antara lain manuvra taktis isyarat bendera, penuntunan medan ranjau, penyebaran ranjau, pemburuan ranjau, netralisasi ranjau, isyarat lampu dan penembakan.

Latihan ini merupakan implementasi dari perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono agar meningkatkan interoperabilitas dan pemahaman antara TNI AL dan RSN khususnya mengenai peperangan ranjau, serta meningkatkan profesionalisme prajurit matra laut dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI.


 Edi sulton


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url