Kopaska TNI AL Bertemu Tim Operasi Khusus Marinir Amerika, Ada Yang Dilakukan ?

SURABAYA Merdekajayapos.com - Komando Pasukan Katak (Kopaska) yang terdiri dari Satkopaska Koarmada II dan Pusat Komando Pasukan Katak (Puskopaska) mempermahir ketajaman dalam bertempur dengan melaksanakan latihan Pertempuran Jarak Dekat (PJD) atau Close Quarter Battle (CQB) bersama US MSOT (Marine Special Operation Team). Latihan ini dilaksanakan di bangunan tua bekas Universitas Kusuma Bangsa Jl. Rahman Hakim Surabaya, Jumat (5/8/2022).

Latihan bersama Kopaska TNI AL dan US MSOT

latihan Pertempuran Jarak Dekat Close Quarter Battle

Latihan pertempuran jarak dekat ini dilaksanakan dalam rangka Latma Joint Exercise Lantern Thunder Iron 2022 antara Kopaska TNI AL bersama US MSOT yang ditinjau langsung oleh Wadan Puskopaska Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki. M. M.

Ditempat terpisah Komandan Puskopaska (Danpuskopaska) Laksamana Pertama TNI Y. Bramantyo. N. S., mengatakan bahwa latihan CQB atau pertempuran jarak dekat ini dilaksanakan di dalam ruangan yang bersifat agresif, dadakan, surprise, dan selectif fire. Bertujuan untuk melatih gerakan taktis tim yang dapat digunakan diberbagai tempat yang memiliki ruang tertutup atau semi tertutup seperti di dalam gedung/bangunan maupun di dalam kapal. 

Kopaska TNI AL Bertemu US MSOT Latihan Close Quarter Battle
Pengarahan sebelum latihan

Kopaska TNI AL Bertemu US MSOT Latihan Close Quarter Battle

Menurutnya pertempuran jarak dekat merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap prajurit Kopaska, karena dalam pelaksanaan sebenarnya kemampuan yang seperti ini sangat dibutuhkan dalam melaksanakan pembebasan sandera. 

“Latihan bersama atau Joint Exercise Lantern Thunder Iron 2022 antara Kopaska TNI AL bersama US MSOT bertujuan untuk saling berbagi ilmu taktik dalam CQB. Latihan ini sangat penting untuk terus di latih dan diperbarui/Update mengingat perkembangan situasi lawan atau musuh yang juga terus berkembang baik dari segi kemampuan SDM maupun perkembangan teknologi”, jelas Bram sapaan akrabnya.  


Edi sulton


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url