Universitas Muhammadiyah Kudus Sukses Selenggarakan International Pharmacy Hybrid Summer Course

KUDUS Merdekajayapos.com - Kolaborasi UMKU dengan APTFMA membuahkan karya nyata bertajuk International Pharmacy Hybrid Summer Course (IPHSCO). Bertempat di Ruang Serbaguna Universitas Muhammadiyah Kudus ,( 22/10/ 2022 M, 26 Rabiul Awal 1444 H). telah dihelat opening ceremony kegiatan The Ist IPSCO (International Pharmacy Hybrid Summer Course). Kegiatan IPSCO atau summer course ini merupakan yang pertama kali dihelat oleh Universitas Muhammadiyah Kudus sebagai tuan rumah. 

Umku International Pharmacy Hybrid Summer Course
Rektor UMKU Doktor Rusnoto berfoto bersama dalam acara  IPHSC

UMKU International Pharmacy Hybrid Summer Course 2022

Summer Course diselenggarakan secara kolaboratif antar Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang berada dibawah naungan Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Muhammadiyah Aisyiah (APTFMA) wilayah regional tengah. PTM yang berkolaborasi dengan Universitas Muhammadiyah Kudus dalam kegiatan IPSCO kali ini antara lain adalah Universitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO), Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMA), Universitas Muhammadiyah Pekalongan-Pekajangan (UMPP), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). 

Acara IPSCO terdiri dari serangkaian kegiatan yang tidak hanya berfokus pada perkuliahan di bidang farmasi saja, namun juga menggali dari aspek pertukaran budaya. 

Umku International Pharmacy Hybrid Summer Course
Kegiatan IPHSC di pantai Jepara

Peserta IPSCO UMKU 2022

Peserta IPSCO 2022 kali ini merupakan mahasiswa yang berasal dari beberapa PTM yang tidak hanya mahasiswa warga negara Indonesia saja, namun juga ada yang berasal dari negara asing. 3 orang mahasiswa asing peserta IPSCO yang bertandang langsung ke UMKU berasal dari benua Afrika. Mereka antara lain Katim Lowe (Gambia), Mamut Saine (Gambia), dan Mamoudu (Mali). Ketiga mahasiswa asing tersebut sangat tertarik dengan program cultural exchange dan senang atas sambutan hangat yang diberikan oleh kampus.

 “Indonesian people remind me to my family in Gambia because of their heartwarming culture.”, ujar Katim Lowe pada saat diminta memberikan sambutan mewakili peserta. 

Rektor Universitas Muhammadiyah Kudus, Dr. Ns. Rusnoto, S.Kep., SKM., M.Kes (Epid) sangat mengapresiasi atas terselenggaranya IPSCO 2022 ini. Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut, semakin membawa UMKU untuk dikenal di kancah pendidikan internasional dan memacu semangat mahasiswa untuk bisa bersaing secara global.

Selain itu, menurutnya cultural exchange memberikan pengalaman berharga yang tentu unik dan menakjubkan bagi setiap  mahasiswa yang berpartisipasi. 

Kesempatan terpisah Ketua KUI menyebutkan bahwa kegiatan ini memiliki poin positif pada aspek internasionalisi kampus, pertukaran mahasiswa, rekognisi dosen dan mahasiswa baik dalam dan luar negeri. Selain itu, menurutnya “Program summer course ini memiliki nilai kompetesisi khusus, salah satunya kompetisi herbal development, harapannya peserta juga bisa mengimpelemntaskan segala aspek yang ada di perkuliahan summer course dan bisa menggali potensi tanaman lokal untuk menjadi produk sehingga memiliki nilai lebih” kata Amalia Rahmawati M.Pd. 

Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari mulai dari tanggal 22 Oktober 2022 hingga 27 Oktober 2022 M,  26 Rabiul awal - 1 Rabiul Akhir 1444 H.

Rincian program diantaranya Culture Program 1, Exploration of Medicinal Plants from Tropical Forest (Muria), Phytochemistry of Herbal Marine Sources (Jepara Beach), Phytochemistry (Forest), Ethnomedicine, Formulation Herbal Product, Phytotherapy Cardiovascular Disease, Phytotherapy Infection Disease, New Product Development, Big Data of Phytotherapy, Product Development Competition.


Edi Sulton



Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url