Pakar Durian Kunjungi Jepara , Ada Apakah?

Peneliti durian , Eko Mulyanto ( kiri ) saat berfoto di pohon Durian Purba

JEPARA - Termasyurnya Jepara sebagai salah satu penghasil durian di Indonesia cukup menjadi perhatian banyak kalangan khususnya para pakar Durian Indonesia.

Minggu 15/1/2023, para pakar ini yang terdiri dari Ketua yayasan durian Nusantara Profesor Mohammad Reza Tirtawinata, Peneliti senior Greg Hambali dan peneliti durian merah Banyuwangi Eko Mulyanto berkunjung ke Jepara melakukan penelitian. Para pakar ini didampingi pegiat durian Jepara yakni: Isnul Abdi, Faiq Abdullah, E. Sulton dan Wildan. Selain itu rombongan Peneliti ini ada Andreas Agri kencana Solo, Richard dari Djarum, Prakoso/ Nonot  pemulia tanaman asal Demak dan penggemar durian yang tergabung dari Durian traveler Jawa tengah.

Dalam kesempatan ini Eko Mulyanto meneliti mikroba yang ada di sekitar pohon tanaman durian. " Ini luar biasa , kalau istilahnya sebuah guru , tanaman durian purba ini adalah guru yang baik . Karena dengan umur lebih dari dua abad tetap mampu bertahan dari penyakit , selain itu perakaran tentunya bagus. Apalagi ini saya lihat pohon yang satunya bekas digergeraji namun cepat menyembuhkan luka pohon bekas gergerajinya, ini durian legend", terang Eko Mulyanto saat di pohon durian Purba Keling.

Eko Mulyanto, Muhammad Reza Tirtawinata dan Greg Hambali saat di pohon durian purba didampingi pegiat durian Jepara

Melihat besar dan potensi serta peduli terhadap keberadaan durian - durian besar dan berumur ratusan tahun ini, Ketua yayasan durian Nusantara, Mohammad Reza Tirtawinata berupaya agar bagaimana caranya pohon - pohon durian yang kokoh ini tetap lestari di bumi Kartini Jepara menjadi warisan cagar budaya atau heritage.

Dalam Penelitian ini para peneliti mengunjungi dua pohon durian besar yang biasa disebut durian Purba. Sebenarnya ada tiga pohon durian besar  namun yang satunya telah ditebang setahun yang lalu. Hal inilah disayangkan oleh Greg Hambali saat mengunjungi bekas tanaman pohon durian yang telah ditebang. Greg Hambali menyesalkan dengan mudahnya pemilik menebang dengan iming-iming rupiah. 

Kedatangan para pakar ini adalah sebuah kehormatan bagi dunia durian Jepara yang pernah memunculkan nama durian legendaris seperti durian Petruk dan durian Karnadi.

Edi sulton

Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url