Pendidikan Biologi UMS Gelar Karya Inovatif Pembelajaran

Gelar karya inovatif pembelajaran Pendidikan biologi UMS

SURAKARTA -  Kali pertama pasca pandemi Covid-19, Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surkarta (UMS)  menggelar Karya Inovasi Media Pembelajaran Biologi dengan tema "Media Inspiration for Education Advancemen" pada Kamis, (26/01/2023 M, 4 Rajab 1444 H ) yang diselenggarakan di Auditorium Muhammad Djazman UMS.


Dalam kesempatan itu, Ketua Program Studi Pendidikan Biologi, Putri Agustina S.Pd., M.Pd., menyampaikan kegiatan ini merupakan produk akhir mata kuliah Inovasi Media Pembelajaran.


Kegiatan ini melibatkan guru sebagai pengguna media pembelajaran, baik guru SMP dan SMA dari sekolah mitra dan kebetulan mereka adalah alumni Pendidikan FKIP UMS sebagai dewan juri dalam penilaian tugas akhir yang mereka pamerkan.


“Pentingnya kegiatan ini yaitu sebagai media promosi, dan media pengabdian kepada masyarakat,” ungkap Kaprodi Pendidikan Biologi, Putri Agustina itu.

Mahasiswa UMS saat gelar karya inovatif pembelajaran

Menurutnya, media pembelajaran sangat penting bagi mahasiswa sebagai calon guru, karena kompetensi yang harus dimiliki oleh guru adalah pedagogik, salah satunya dengan merencanakan pembelajaran membuat media pembelajaran dan menggunakan media. Ketika mereka membuat yang mereka kembangkan sendiri, maka itu akan lebih mengena.


“Lulusan Pendidikan Biologi di luar sana jumlahnya ribuan, maka perlu untuk mahasiswa Pendidikan Biologi UMS harus memiliki nilai plus. Sehingga harapan kami kemampuan ini mampu menjadi bekal ketika terjun pada dunia kerja,” paparnya.


Kompetensi yang diperoleh, lanjutnya, bisa diterapkan di sekolah-sekolah sebagai rujukan media pembelajaran dan hasil dari produk ini juga akan disumbangkan kepada sekolah-sekolah sehingga bisa lebih bermanfaat.


“Nanti akan dipilih satu media pembelajaran terbaik dan akan diberikan reward khusus. Selain itu bagi media paling inovatif akan di ikutkan lomba baik nasional maupun Internasional,” ujar Putri


Pada kesempatan yang sama, Dosen Pengampu Mata Kulihah Media Pembelajaran Rina Astuti, S.Pd., M.Pd., memaparkan bahwa pada saat pandemi ujian dilakukan secara individu dan alhamdulillah pada kegiatan kali ini mahasiswa dapat memamerkan hasil karyanya.


“Kegiatan ini akan kami jadikan pengambilan nilai UAS secara berkelompok,” ungkapnya. (Edi sulton)

Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url