JEPARA – Di musim penghujan untuk mengantisipasi terjadinya banjir, anggota Koramil 05/Mayong jajaran Kodim 0719/Jepara bersama masyarakat melakukan kerja bakti pembersihan Enceng gondok di aliran sungai SWD 1, Desa Dorang, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara. Selasa, (3/1/2023).

Pembersihan tanaman enceng gondok disungai SWD 1

Pembersihan enceng gondok dilakukan agar aliran air di sungai SWD 1 mengalir lancar agar tidak tersumbat oleh tanaman yang memenuhi sungai tersebut.

Anggota Koramil 05/Mayongbersama masyarakat memunguti tanaman liar enceng gondok dengan menyebur ke sungai melakukan pembersihan.

“Kita bersama warga melaksanakan kerja bakti ini untuk mengantisipasi banjir dan memberikan kesadaran bagi warga supaya lebih peduli dengan kebersihan sungai, serta ini kita lakukan sebagai wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat,” Kata Serka Eko Wahyudi anggota Koramil 05/Mayong.

Selain itu, Serka Eko Wahyudi juga berharap air yang mengalir nantinya akan lebih lancar, dengan dilakukannya kerja bakti pembersihan enceng gondok dan sampah-sampah yang ada di sungai ini, serta diharapkan dapat meminimalisir terjadinya banjir.

Ditempat terpisah Danramil 05/Mayong mengatakan kepada Babinsa yang mempunyai wilayah desa Dorang agar senantiasa memantau perkembangan aliran sungai SWD 1 ini di tengah musim penghujan seperti sekarang.

“Pembersihan tanaman liar eceng gondok ini sebagai langkah awal untuk mengantisipasi terjadinya banjir dan memperlancar aliran air sungai dari eceng gondok,” kata Danramil.

Lebih lanjut, dengan bersama-sama membersihkan tanaman eceng gondok yang menyumbat aliran sungai SWD 1, “Semoga dengan adanya kegiatan ini akan lebih mempererat tali silahturahmi antara anggota Koramil dengan warga setempat,” Pungkasnya (@ries)

Merdeka Jaya Pos

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan