Kokam Pemuda Muhammadiyah Jepara Ikuti Apel Karhutla di Kampus Undip Telukawur

Kokam Pemuda Muhammadiyah Jepara mengikuti apel kesiapsiagaan Penanganan Kebakaran Hutan dan lahan di kampus Undip Telukawur

JEPARA – Komando kesiapsiagaan angkatan muda Muhamamdiyah ( Kokam) pimpinan daerah Pemuda Muhamamdiyah ( PDPM) Jepara Pada hari Rabu tanggal 13 September 2023 M, 27 Safar 2445 H, pukul 08.00 – 09.00 WIB bertempat di Halaman kampus Undip Desa Telukawur Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara mengikuti Apel kesiapsiagaan penanganan kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA) Kecamatan Tahunan.

Acara apel Karhutla ini di hadiri Sekcam Lukman Hakim, SH, MH, Danramil Tahunan Lettu Edi Sulistiyono, SH beserta anggota,

Kapolsek Tahunan AKP Sri Retno Biyanti, SH beserta anggota, Kasi Trantib Suyuti beserta anggota, Kepala Puskesmas Tahunan Megarini Aries Setiowati,

Anggota Damkar, Petinggi Telukawur Rokhman beserta perangkat Desa,Ormas Kokam PDPM Jepara, FKPM Desa Langon dan Sukodono dan Banser.

Dalam amanatnya pimpinan apel Karhutla Sekcam Tahunan Lukman Hakim mewakili Camat Tahunan mengatakan,

” Alhamdulillah, puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan karunianya kita dapat hadir di sini dalam rangka Apel kesiap siagaan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Kecamatan Tahunan.

Semoga kegiatan hari ini semakin meningkatkan koordinasi dan sinergi kita dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kebakaran hutan dan lahan mengakibarkan beberapa dampak negatif seperti kerusakan ekologis, perubahan iklim

serta menimbulkan asap yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat dan transportasi darat, laut, dan udara.

Agar kejadian tersebut tidak terulang, maka kita harus terus bersiaga dan waspada.

Berupaya mengantisipasi berbagai kemungkinan sedini mungkin, sehingga peristiwa tersebut tidak terjadi lagi, atau meminimalisir luasan dan dampaknya.

Saya berharap satgas kebakaran hutan dan lahan ini dapat bekerja maksimal, efektif, dan efisien, karena akan fokus pada upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan”.

Kokam Jepara Ikuti Apel Karhutla

Supeno anggota Kokam Jepara yang mengikuti kegiatan ini menilai kegiatan ini bagus untuk antisipasi kerawanan kebakaran.

” Dari kegiatan ini sangat bagus, untuk diterapkan di masyarakat untuk mengantisipasi kebakaran baik di hutan, lahan dan di dalam rumah. Kegiatan ini sebagai ilmu bagi kami relawan dan anggota kokam bagus dan berguna ilmu yang didapat bermanfaat.

Saya berharap kegiatan atau tata cara antisipasi kebakaran tidak hanya untuk kalangan tertentu tapi semua masyarakat harus tahu untuk tata cara memadamkan dan menghindari kebakaran dengan benar”, Ujar Supeno.

Sesuai keterangan dari Komandan Kokam PDPM Jepara , Bashor Akhirudin kokam PDPM Jepara mengirimkan lima ( 5) anggota yaitu : Supeno, Burhanudin, Handoko , Sugiyono dan Budiono Mashudi.

” Dengan kegiatan ini, Kokam Jepara lebih sadar lingkungan mengingat saat ini musim kemarau.

Harapan kami dari BPO Kokam Jepara, para anggota Kokam daerahnya dekat dengan terdampak suatu saat harus ikut aktif menjaga lingkungan

dan ikut menangani KARHUTLA yang terjadi di sekitar daerah terdampak”, ujar Bashor Akhirudin.

Edi sulton

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan