Solusi Cerdas Pemuda Ngasem Akan Sampah ala Squad Mesem - MERDEKA JAYA POS

Breaking

MERDEKA JAYA POS

Berita Jepara Indonesia Terkini Hari Ini, Berita Harian Terkini Terpercaya daerah Jepara terlengkap terupdate seputar Jepara dan Indonesia- Merdeka Jaya Pos.

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 11 Maret 2020

Solusi Cerdas Pemuda Ngasem Akan Sampah ala Squad Mesem

Squad Mesem atasi sampah Desa Ngasem

Merdekajayapos.Jepara - Seiring perkembangan jaman, banyak produk-produk yang berbahan dasar plastik sehingga banyak meninggalkan sampah-sampah yang tidak dapat terurai (anorganik). 

Sampah yang semakin banyak tentu akan menimbulkan banyak masalah, sehingga memerlukan pengolahan seperti membuat sampah menjadi bahan yang berguna. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemuda Desa Ngasem berinisiatif mendirikan Bank Sampah dengan nama “Squad Mesem”.

Bank sampah itu sendiri merupakan tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah.

“Bank sampah ini nantinya akan dikelola menggunakan sistem seperti perbankkan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan. Penyetornya yakni warga yang tinggal di sekitar lokasi bank sampah serta mendapat buku tabungan seperti menabung di bank,” jelas Ketua Squad Mesem Kumaidi, S.Pd saat dikonfirmasi di Poskonya, Rabu (11/03/20).

Sementara itu, Babinsa Koramil 03/Batealit Kopda Aryadi yang berada dilokasi Bank Sampah, menyampaikan dukungannya atas inisiastif pemuda atas keprihatinan terhadap sampah. 

Dirinya menyebut, bank sampah tersebut berdiri karena adanya keprihatinan pemuda Desa Ngasem akan lingkungan hidup yang semakin lama semakin dipenuhi dengan sampah baik organik maupun anorganik.

“Dengan adanya bank sampah ini diharapkan mampu membantu pemerintah dalam menangani sampah dan meningkatkan ekonomi warga sekitar. Selain itu juga untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi dan bersih,” terang Babinsa asal Mranggen ini. 

Post Top Ad