TANAMAN SONGGOLANGIT (Tridax Procumbens) SPESIALIS PERSENDIAN DAN REMATIK - MERDEKA JAYA POS

Breaking

MERDEKA JAYA POS

Berita Jepara Indonesia Terkini Hari Ini, Berita Harian Terkini Terpercaya daerah Jepara terlengkap terupdate seputar Jepara dan Indonesia- Merdeka Jaya Pos.

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 23 Juli 2020

TANAMAN SONGGOLANGIT (Tridax Procumbens) SPESIALIS PERSENDIAN DAN REMATIK


Merdekajayapos. Tanaman herbal Songgolangit berasal dari  Amerika Tropis memiliki kandungan analgesik sebagai obat anti inflamasi.

Merdekajayapos | Tanaman Songgolangit

Sebagai tanaman gulma, tanaman ini dapat tumbuh di tanah berpasir, dengan ketinggian 1.500 mdpl pada dataran rendah. Dapat tumbuh menjalar karena pada bagian batang bawah tanaman ini memunculkan tunas.

Songgolangit memiliki 3 unsur senyawa kimia alami yang terkandung di dalamnya, seperti:
Fllavonoid tanin, yang berfungsi sebagai pendingin dan penghilang rasa nyeri rematik pada tulang persendian di bagian pinggang dan tulang lainnya.
Saponin tanin, berfungsi sebagai antiradang, antibiotik, peluruh air kemih (diuretik) dan menurunkan kadar asam urat
Flavonoid saponin, yang berfungsi sebagai analgesik

Khasiat Songgolangit.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Hamzah dan Agus di sebuah Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga bagian Farmakologi. Daun songgolangit yang dijadikan bubuk minuman seperti teh berkhasiat sebagai anti inflamasi (anti radang) dan analgesik dengan menggunakan daun songgolangit yang sudah dikeringkan sekitar 40% atau setara dengan 2,2 gr cukup untuk 1 kali seduh atau dibuat dengan kantong kopi yang berukuran 8cm x 8 cm.

Manfaat Tanaman Songgolangit:
Osteoartritis, yaitu penyakit degenaratif atau kehausan pada sendi, terutama pada sendi yang menopang berat badan.

Artritis Rematoid, yakni penyakit degenaratif yang biasa menyerang pada sendi tulang seperti: tulang sendi pada lutut, tangan, pinggang, bahu dan tulang sendi lainnya.

Artritis Gout, yakni persendian yang sering dirasakan pada bagian ibu jari, telapak kaki, pergelangan kaki, lutut, siku dan pergelangan tangan.

Demikianlah Manfaat dan Khasiat Songgolangit sudah dikenal melalui penelitian yang telah dilakukan, sehingga banyak para peramu herbal membuat produk herbalnya dengan bahan dari tanaman songgolangit.


Maka dari itu untuk siapa saja yang ingin mendapatkan khasiat herbal ini tidak perlu lagi susah mencarinya.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika berminat kami juga menyediakan bibitnya  yang siap melengkapi tanaman obat Anda di rumah.


Abdul Roub, S.Ag sebagai Pemerhati Tanaman Herbal  Jepara yang sekaligus  Pemilik Usaha Green Herbal Jepara yang mengelola Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Mitra Karya mengajak Anda untuk belajar lebih dekat tentang teknik pembibitan tanaman herbal, pengolahan bahan jamu melalui Pelatihan.

Merdekajayapos

Silahkan anda mengunjungi tempat pelatihan kami yang beralamat di Rt. 04 Rw. 01 desa Kalipucang wetan kecamatan Welahan kabupaten Jepara Hp. +6289 859 10564  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad