Latihan Peperangan Laut Khusus Pasukan Katak, Kesatuan Kopaska TNI AL

Untuk Tingkatkan Kemampuan Pasukan Katak, Komandan Puskopaska Membuka Latihan Peperangan Laut  Khusus

Latihan Peperangan Laut Khusus Pasukan Katak, Kesatuan Kopaska TNI AL
Komandan puskopaska saat membuka latihan

Merdekajayapos.com SURABAYA- Komandan Puskopaska ( Pusat Komando Pasukan Katak) Laksamana TNI Y. Bramantyo N.S selaku Dirlat membuka Latihan Peperangan Laut Khusus TA.2021 melalui Vidio Conference (Vicon) di ruang vicon Mako Puskopaska Jl.Taruna, Semampir Ujung Surabaya Senin 15/03/2021. 

Kegiatan Latihan ini dilaksanakan atas petunjuk Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, SE. M.M. 


Turut hadir dalam acara tersebut Wadan Puskopaska Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, M.M, Dirrena Kolonel Laut   (E) Joko Andriyanto, S.T, Dirpers Kolonel Luat (E) Novi Primawan, S.T, Dirlog Kolonel Laut (T) Heru Ruswanto S.T dan peserta latihan.

Latihan Peperangan Laut Khusus Pasukan Katak, Kesatuan Kopaska TNI AL
Para perwira puskopaska

Latihan peperangan laut khusus yang akan berlangsung 14 hari tersebut dengan tujuan menggabungkan satuan-satuan Kopaska di bawah Komando Puskopaska akan dilaksanakan di Satkopaska Koarmada I Pondok Dayung, Teluk Jakarta dan sekitarnya dengan tema “ Kopaska melaksanakan latihan peperangan laut Khusus di Pondok Dayung, Perairan Teluk Jakarta dan sekitarnya dalam rangka mendukung tugas TNI AL”. Dalam kesempatan tersebut Komandan Puskopaska berharap  “ Latihan ini merupakan tonggak sejarah bagi Kopaska yang mana kegiatan nya dilakukan gabungan dengan Satkopaska Koarmada I, II, dan III dan kedepan nya kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menyatukan persepsi dan meningkatkan sinergitas diantara satuan-satuan Kopaska yang berada di Armada.  


Dalam amanatnya Danpuskopaska Laksamana TNI Y. Bramantyo N.S selaku Dirlat antara lain mengatakan “ Tujuan latihan kali ini adalah meningkatkan pengetahuan, ketrampilan serta profesionalisme prajurit Kopaska didalam melaksanakan operasi peperangan laut khusus disamping juga untuk meningkatkan kemampuan perwira Kopaska dalam menganalisa serta merumuskan konsep operasi pada tingkat satgas sekaligus sebagai uji doktrin yang dimiliki dalam penanganan operasi peperangan laut khusus, sedangkan sasaran yang hendak dicapai dalam latihan ini adalah diharapkan prajurit Kopaska mampu dan menguasai serta mahir dalam melaksanakan tugas infiltrasi melalui terjun tempur free fall, selam tempur,  melaksanakan sneak attack terhadap obyek vital musuh, serta mampu dalam tugas sabotase, demolisi, SAR tempur dan CQB”    


Selain itu Danpuskopska berpesan kepada seluruh pelaku agar melaksanakan latihan ini dengan serius dan penuh rasa tanggung jawab disertai motivasi, dedikasi dan semangat yang tinggi. Selama latihan agar tetap perhatikan factor keamanan dan keselamatan baik personil maupun material, eliminir sekecil mungkin kesalahan latihan dan wujudkan zero eccident. Tetap laksanakan dan  selalu mengedepankan protokol kesehatan covid-19 dengan baik dan benar.  


Kontributor: Edy Sulton

Red:@ries


Pen puskopaska

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url