Binpotmar, Posal Jepara Turut Dalam Prosesi Pesta Lomban dan larungan - MERDEKA JAYA POS

Breaking

MERDEKA JAYA POS

Berita Jepara Indonesia Terkini Hari Ini, Berita Harian Terkini Terpercaya daerah Jepara terlengkap terupdate seputar Jepara dan Indonesia- Merdeka Jaya Pos.

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 21 Mei 2021

Binpotmar, Posal Jepara Turut Dalam Prosesi Pesta Lomban dan larungan

 

Tradisi Sedekah Laut Masyarakat Pesisir Jepara Di Sebut Pesta Lomba
Anggota posal Jepara bersama  kawal kegiatan puncak lomban

Merdekajayapos.com JEPARA – Sebuah perayaan yang sudah turun temurun dilaksanakan di kota jepara disebut juga sedekah laut atau Pesta Lomban, kegiatan ini diselenggarakan di Kelurahan Ujungbatu, Kecamatan Jepara, kali ini kegiatan tersebut diselenggarakan secara terbatas dan tertutup. Kamis (20/5/2021).


Dalam kegiatan pesta Lomban Larungan ini hanya diikuti jajaran Forkopimda Jepara, perwakilan nelayan, pemerintah Kelurahan Ujungbatu dan hanya melibatkan satu kapal yang berkapasitas masksimal 30 orang saja. Pos TNI AL ( posal) Jepara sebagai bagian pembinaan potensi maritim ( Binpotmar) turut serta dalam prosesi puncak pesta Lomban dan larungan. 


Tepat pada pukul 06.20 Wib rombongan tiba di tengah laut. Sebelum dilarung, Bupati Dian Kristiandi memberikan sambutan singkat di atas kapal kemudian dilanjutkan doa bersama. 

Tradisi Sedekah Laut Masyarakat Pesisir Jepara Di Sebut Pesta Lomba
Serma Joko Mariyanto, Babinpotmar Posal Jepara Dengan Masyarakat Jepara

Saat prosesi pelarungan berlangsung, beberapa kapal berhasil mendekat. Sekitar 8 orang menceburkan diri ke laut, untuk memperebutkan tali pengikat kepala kerbau. 


Menanggapi kegiatan ini,  Komandan Posal Jepara, Serma Saa Solekan,  Posal Jepara sebagai  bagian unsur TNI polri dan Binpotmar di Jepara sudah tentu mendukung program dan kebijakan pemkab Jepara.


Tradisi Sedekah Laut Masyarakat Pesisir Jepara Di Sebut Pesta Lomba


Tradisi sedekah laut adalah kegiatan yang ada sampai saat ini sebagai khasanah budaya daerah pesisir pantai yang sangat penting untuk diperhatikan dan dipromosikan Jepara sebagai kota Bahari disamping terkenal juga sebagai kota Ukir. Kami dari Posal Jepara harus hadir dalam giat dan program Pemkab selain itu juga ini adalah wujud bindesir ( pembinaan desa pesisir) dari TNI AL " ujar Serma Solekan.


Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan, "berbeda dengan pelarungan 2 tahun lalu. Tahun ini larungan kepala kerbau dilaksanakan penuh kesederhanaan. Namun demikian, tidak mengurangi makna dari tradisi ini".


“Alhamdulillah, mulai dari proses awal keberangkatan sampai ke dermaga lagi, selamat dan aman,” kata Andi


Disampaikan Andi, sebelum pandemi prosesi pelarungan ini diikuti hampir 10 ribu orang, dari berbagai wilayah termasuk luar kota. Namun kali ini, hanya diikuti puluhan orang saja. Hal ini karena kesadaran masyarakat terkait protokol kesehatan. 


Kontributor: Edy Sulton

Red: @ries

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad