Atasi kelangkaan oksigen Polres Sukoharjo, Sediakan Tabung Oksigen Bagi Warga Isoman

Merdekajayapos.com SUKOHARJO - Polres Sukoharjo melakukan bakti sosial (baksos) dengan meminjamkan tabung oksigen berukuran satu meter kubik gratis bagi warga yang menjalani isoman di rumah karena terpapar COVID-19. Hal ini di ungkapkan Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan melalui Kasat Reskrim Polres Sukoharjo AKP Tarjono Sapto Nugroho, di Mapolres Sukoharjo, Kamis (29/7/21).

Menurut Kasat Reskrim Polres Sukoharjo AKP Tarjono Sapto Nugroho, mengatakan, Polres Sukoharjo telah menyediakan tabung oksigen gratis, untuk dipinjamkan kepada warga yang membutuhkan, terutama yang sedang menjalani Isoman.

"Ini adalah bentuk kepedulian kami terhadap warga yang sedang menjalani Isoman dan membutuhkan Oksigen," kata Kasat Reskrim Polres Sukoharjo ini.

"Tenang, anda bisa meminjamnya ke Polres Sukoharjo. Wait, ke kantor polisi?, kami pasti berikan," imbuhnya. 

Hal ini, kata Kasat Reskrim, dikarenakan jajaran korps Bhayangkara, yang berada di Kota Jamu itu memiliki pasokkan oksigen Gratis bagi yang sedang menjalani Isolasi mandiri.

"Kegiatan Baksos ini, sebagai upaya menjembatani kelangkaan oksigen yang disebabkan tingginya permintaan, akibat melonjaknya kasus di Kabupaten Sukoharjo," terangnya.

Lanjut AKP Tarjono Sapto Nugroho, setiap tabung dapat dipinjam oleh warga yang memiliki gejala klinis Covid-19. Apabila warga yang meminjam sudah selesai menggunakan tabung oksigennya, maka akan dikembalikan lagi ke Polres Sukoharjo. Ini agar dapat dilakukan pengisian ulang dan digunakan oleh masyarakat lainnya.

Selain itu, masih Kata Kasat Reskrim, hal ini untuk meminimalkan risiko penularan Covid-19 akibat penggunaan tabung oksigen secara bergantian. 

"Kami sangat menganjurkan, agar peminjam memiliki sendiri selang oksigennya,” terang dia.

Saat ini, dia menambahkan, tabung oksigen yang tersedia hanya diprioritaskan kepada warga yang betul-betul membutuhkan. Diupayakan ada 10 tabung yang bisa dipinjam pakai. 

"Syaratnya, terlebih dulu akan didata riwayat penyakit COVID-19 yang bersangkutan. Yang jelas, kami menyasar warga yang benar-benar membutuhkan," ucapnya.

"Hal ini dilihat dari saturasinya apabila memang sudah turun dan benar membutuhkan, nanti dapat diceritakan kepada kami kronologinya maupun latar belakang kasus medisnya, nanti kami akan pinjamkan,” ujar dia.

Kasatreskrim juga mengimbau kepada masyarakat, agar tetap mamatuhi dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5M selama PPKM Level 4 ini. Agar lonjakan kasus positif bisa segara mereda.


“Dalam kegiatan pinjam pakai tabung oksigen ini, akan terus kami gelorakan, demi membantu mengurangi penderitaan warga yang terpapar Corona di wilayah Sukoharjo ini," ungkapnya. (@ries)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url