Masyarakat Maritim Dan Santri Tegal Diserbu Vaksin Koarmada II TNI AL

Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Insnurwanto didampingi Gubernur Jawa tengah meninjau pemvaksinan

Merdekajayapos.com TEGAL- TNI Angkatan Laut dalam hal ini Koarmada II juga melebarkan serbuan vaksinasinya ke wilayah Jawa Tengah, dengan kembali menggelar Serbuan Vaksinasi bagi masyarakat maritim. Kali ini serbuan vaksin menyasar pada masyarakat maritim dan para santri yang berada di Kabupaten Tegal.

Dipusatkan di Stadion Trisanja Slawi, pada Rabu (25/8) sebanyak 30.000 jiwa dengan usia 18 tahun ke atas dan belum mendapatkan vaksin sama sekali (Vaksinke-1), menjadi target serbuan vaksin yang digelar Koarmada II  bekerja sama dengan Pemkab Tegal ini.  Untuk mencapai target tersebut, serbuan vaksin digelar selama dua hari yakni hari ini hingga Kamis, tanggal 25 dan 26 Agustus 2021 mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Demi kelancaran jalannya kegiatan, Koarmada II bersama Lanal Tegal, Lanal Semarang, Dinkes Tegal, Lanal Cilacap dan Stikes Hang Tuah Surabaya menerjunkan 360 tenaga kesehatan sebagai vaksinator. Sedangkan vaksin yang diberikan adalah jenis Sinovac.

Dalam waktu bersamaan vaksinasi juga digelar di dua lokasi lainnya yakni Sarana Olahraga Desa Kalibakung, dan Pantai Purwahamba Indah Kabupaten Tegal. Serta dua pondok pesantren yaitu Pondok Pesantren Ma'Hadut Tholabah yang berada di Dukuh Babakan, Desa Jatimulya Kecamatan Lebaksiu, dengan target 1.500 santri.  Berikutnya di Pesantren Darussalam, Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang dengan target 500 santri. Khusus serbuan vaksinasi di Ponpes, panitia memprioritaskan para santri yang berusia 12 tahun ke atas.

Masyarakat Tegal yang divaksin Nakes TNI AL

“Serbuan Vaksinasi ini adalah perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., kepada seluruh jajaran TNI AL dari Sabang hingga Merauke. Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mempercepat tercapainya Kekebalan Kelompok (Herd Immunity) seluruh masyarakat Indonesia. Dan kebetulan Jawa Tengah termasuk dalam wilayah kerja Koarmada II, karena ada sejumlah lanal jajaran Koarmada II ada disini yakni Lanal Tegal, Lanal Semarang dan Lanal Cilacap, ” tutur Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto,S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han), saat meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di Stadion Trisanja Slawi bersama dengan Bupati Tegal Dra.Hj.Umi Azizah.

Pada kesempatan ini masyarakat di Stadion Trisanja juga kedatangan tamu istimewa dengan kehadiran Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, yang ikut meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi bersama dengan Pangkoarmada II dan Bupati Tegal.

Lebih lanjut Laksda Iwan menyampaikan harapannya jika 30.000 dosis vaksin yang disiapkan pihaknya dapat dihabiskan dalam waktu dua hari ini. “Kami sangat bangga jika bisa dihabiskan. Kami Koarmada II,mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas kerja samanya sehingga semua dapat berjalan lancar. Semoga TNI AL Koarmada II khususnya dapat memberi kontribusi besar untuk membentuk herd immunity bagi masyarakat Kabupaten Tegal khususnya, dan Jawa Tengah umumnya,” ujar Laksda Iwan.

Di sisi lain Gubenur Jateng mengungkapkan rasa senangnya atas kontribusi yang diberikan TNI AL Koarmada II. “Kami seperti mendapatkan berkah bisa dibantu (vaksinasi) dari kawan-kawan TNI AL, dan Forkopimda Tegal. Ini adalah ikhtiar kita agar cepat mewujudkan target herd immunity sebesar 70-80 % di bulan Desember seperti yang ditargetkan oleh Bapak Presiden, agar kegiatan kita bisa mulai terbuka kembali tapi tentu saja kita beradaptasi dengan kebiasaan baru (prokes 5M),” jelas Ganjar Pranowo. 

Khusus berkaitan dengan Serbuan Vaksinasi, Koarmada II selama ini telah menjalin kerjasama dengan sejumlah pemerintah kabupaten/kota untuk memberikan vaksinasi gratis tahap ke-1 maupun ke-2, kepada masyarakat di pulau-pulau terpencil, daerah pesisir, dan perkotaaan seperti Pulau Sapeken, Pulau Bawean, Kabupaten Lamongan dan Bangkalan, kemudian Kota Surabaya dan Malang Raya. Selain itu Koarmada II juga telah berkontribusi memperkuat  imunitas tubuh para pekerja pelabuhan dan sektor maritim di Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelindo 3, kemudian para pekerja pabrik di Rungkut, hingga pekerja media.



Kontributor: Edi Sulton

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url