Meski Angka Kesembuhan Naik, TNI AL Koarmada II Tetap Siaga Oksigen

Posko pelayanan oksigen di jala jaya Surabaya


Merdekajayapos.com Surabaya- Angka kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia perlahan mulai naik, meski belum diringi dengan angka kasus terkonfirmasi positif dan kematian yang masih bertambah (data BNPB,15 Agustus 2021). Begitu juga dengan kondisi di Jawa Timur, jumlah pasien sembuh bertambah setiap harinya. Namun keadaan ini disikapi oleh TNI Angkatan Laut khususnya Koarmada II dengan tetap menyiagakan depo bantuan oksigennya.


Tiga depo pengisian oksigen medis yang disiapkan oleh Satgas Bantuan Oksigen TNI AL Koarmada II, saat ini secara kuantitas tidak begitu padat lagi melayani dalam sehari. Depo Surabaya misalnya yang berlokasi  di Posko Jalajaya, pada Minggu sore (15/8) tercatat baru 17 orang yang mendaftar. Sehingga jumlah keseluruhan sejak Posko dibuka  yakni 524 orang, sedangkan jumlah tabung oksigen keseluruhan berbagai ukuran sejak posko buka adalah  614 buah.

Masyarakat yang mendapatkan layanan oksigen dari koaarmada II

Sedangkan depo kedua yang berada di Semarang yakni KRI dr. Soeharso-990, total tabung sampai Minggu (15/8) kemarin sebanyak 301 buah dengan total Bantuan Oksigen kepada rumah sakit di wilayah Semarang Raya sejumlah 1.241 M³. Sementara untuk depo pengisian yang ke-3 di Lanal Banyuwangi, jumlahnya masih di angka 28 buah.

“Kondisi ini dimungkinkan karena angka kesembuhan pasien yang mulai naik, juga sudah banyak pihak yang membantu Indonesia mengatasi krisis oksigen.  Tapi ini tidak menyurutkan semangat kita untuk siaga membantu penyediaan isi ulang tabung oksigen medis bagi masyarakat, dan berharap angka kesembuhan terus naik, “ tutur Komandan Satgas Bantuan Oksigen TNI AL Koarmada II, Kolonel Laut  (P) Agus Haryanto saat memantau situasi posko Jalajaya pada Senin (16/8).

Perwira menengah dengan tiga melati di pundaknya ini menambahkan, jika tim satgas yang Ia pimpim tetap mengedepankan totalitas dan konsistensi dalam membantu pemerintah mengupayakan percepatan penanganan Covid-19 yang terintegrasi serta membangun sinergitas dengan pemda setempat sebagaimana instruksi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M(red).


Kontributor: Edi Sulton

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url