Kasmin Minto Utomo Petinggi Plajan Masa Revolusi Dan Orde Baru


Merdekajayapos.com JEPARA-  Desa Plajan yang dulu dibawah Kecamatan Mlonggo Jepara yang terletak di lereng gunung Muria memiliki Petinggi yang memimpin era revolusi, orde lama dan orde baru.

Dialah petinggi yang mulai menjabat tahun 1946-1990. Petinggi yang memiliki nama lengkap Kasmin Minto Utomo. Sosok petinggi yang cukup legendaris karena menjabat selama 44 tahun. 

Kasmin Minto Utomo Petinggi Plajan Tahun 1946-1990 sosok Tegas dan disegani

Petinggi yang sangat disegani, catatan tentang masa kepemimpinan Kasmin Minto Utomo ini diperoleh dari sumber resmi pemerintah Desa Plajan Melalui Petinggi Plajan H. Kartono.

" Beliau memerintah Desa Plajan Jepara berdasarkan Informasi dari sesepuh- sesepuh antara lain mbah Kardo, mbah Kastami, juga info mas Darto anak beliau " ujar Petinggi Plajan H. Kartono.

Dialah Legenda Petinggi Plajan Jepara Jabat 44 Tahun di Masa Revolusi dan Orde Baru

Selama 44 tahun kepemimpinan Kasmin Minto Utomo banyak hal yang menjadi perhatiannya. Seperti yang diungkapkan oleh generasi tua Plajan Jamroni Abdul Rauf.

" Mbah Kasmin ini sebelum jadi petinggi menjadi kebayan, pertama kali menjabat menjadi petinggi era revolusi di mana masa-masa sulit. Banyak konflik dan kerawanan diantara kasus berandal Raseno, meletusnya gerakan 30S/ PKI"


" Dengan kondisi yang sulit perlahan Namun pasti beliau mengajak masyarakat Plajan untuk budayakan semangat gotong royong untuk membangun desanya. Dan semangat gotong royong masih subur di Plajan " Ujar Jamroji Abdul Rauf.

Makam Kasmin Minto Utomo dan istri di dukuh Guo Plajan

Kenangan akan kepemimpinan Kasmin juga datang dari Ahmad. Pria yang akrab disapa Mbah Kemat ini menceritakan tentang perhatian Petinggi Kasmin kepada dunia pertanian. 


" Era beliau PPL ( petugas pertanian lapangan) yang tugas di Desa Plajan yaitu pak Narto dan Pak Bambang. Mereka memberikan penyuluhan dan bimbingan juga pembagian bibit kepada petani. Dulu banyak warga tanam belimbing, jeruk Bali. Selain itu di eranya banyak membuka jalan baru dan jembatan untuk lancarnya perhubungan. Membangun SD negeri. Ada 5 SD di Plajan semuanya di era Petinggi Kasmin "Ujar Ahmad.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu tokoh masyarakat Plajan H. Achmad Nasir. 

" Dalam kacamata saya mantan petinggi Mbah Kasmin ini sosok yang disiplin, tangguh dan tegas. Beliau termasuk pimpinan yang mau turun sendiri dalam hal memberantas mo limo. Pada saat itu bersama Ansor dan pemuda Muhammadiyah bergerak memberantas perjudian. Pada masanya namanya preman, pencuri dan penjudi takut sama beliau. Beliau ditakuti lawan dan disegani kawan. Selalu menanamkan kepada warganya akan semangat gotong royong " ungkap H. Achmad Nasir, Senin 16/8/2021.

Dan sekarang Petinggi yang memimpin Plajan selama 44 tahun ini dimakamkan di dukuh Guo Plajan. Kasmin Minto Utomo meninggal pada tahun 1998.


Kontributor: Edi Sulton

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url