Skuadron 200 Wing Udara 2 Puspenerbal TNI AL Kirim Perwiranya Pelatihan Pilot Helikopter Latih Bell-505 di Bell Traning Academy

Merdekajayapos.com SIDOARJO - Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) sebagi Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) TNI AL yang berkedudukan langsung dibawah Kasal, menyelenggarakan pembinaan kekuatan dan kemampuan penerbangan TNI AL melalui latihan dan pembinaan personel, Jum’at 28/8/201 Bertempat di Skuadron 200 Wing Udara 2 Puspenerbal Juanda Sidoarjo.

Dalam rangka melaksanakan latihan dan pembinaan personel dalam hal ini crew awak Pesawat Udara (Pesud), perlu adanya pesawat latih baik Fix Wing maupun Rotary Wing yang mampu menyiapkan crew dalam menjalankan tugas dan fungsi Penerbngan TNI AL. Pesud latih berupa helikopter sangat dibutuhkan Penerbangan TNI AL saat ini maupun dimasa yang akan datang, yang mana helikopter latih yang dimiliki sebelumnya sangat terbatas, Ujar Komandan Wing Udara 2 Kolonel Laut (P) Winardi, S.H., M.H.

Foto bersama seusai Pelatihan

Lanjut Danwing Udara 2 bahwa tahun 2021 ini, TNI AL melaksanakan pengadaan helikopter latih single engine, dimana dalam pengadaan helikopter tersebut ditugaskan 4 (Empat) calon pengawak dari penerbangan TNI AL untuk melaksanakan pelatihan pilot Heli latih Bell-505. Keempat Pilot yang ditugaskan sebagai calon pengawak helikopter tersebut diantaranya yaitu Mayor Laut (P) Rai Terianom, Kapten Laut (P) Muhammad Al Amin, Lettu Laut (P) Rayendra Jaka Loekmana dan Letda Laut (P) Sima Andriansyah. 

Pelatihan Pilot dalam rangka pengadaan helikopter latih Bell-505 selama 5 hari dari tanggal 26 sampai dengan 31 Juli 2021 di Bell Traning Academy, Fort Worth, Texas, USA. Pelatihan Pilot yang dilaksanakan sesuai kontrak pengadaan adalah Ground & Initial Flight Course, yang mana selesai pelatihan tersebut menjadi Captain Pilot.

Kegiatan pelatihan pilot helikopter latih Bell-505 yang dilaksanakan meliputi persiapan, pelaksanaan latihan, dan pengakhiran. Pelaksanaan latihan di Bell Training Academy yang dilaksanakan secara Teori/klasikal, Simulator dan Praktek terbang. 

Pelaksanaan pelatihan Pilot helikopter latih Bell-505 berjalan lancar dan sesuai dengan hasil yang diharapkan, hal ini dapat dilihat dari keberhasilan personel pelatihan dalam melewati ujian dan praktek terbang dengan hasil yang baik dan memuaskan, serta keempat pilot yang melaksanakn pelatihan sertifikat kelulusan dan kelayakan dalam pelatihan pilot helikopter Bell-505(red).


Kontributor: Edi Sulton

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url