Untuk Turunkan Angka Gizi Buruk, Dinas Perikanan Jepara Luncurkan Program Gemarikan

Merdekajayapos.com JEPARA- Dinas Perikanan Kabupaten Jepara mengadakan acara penyerahan bantuan paket Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) pada hari Jumat 27/8/2021 jam 09.00 sd 11.00 WIB bertempat di rumah khusus nelayan desa Kedungmalang Kecamatan Kedung Jepara.

Fokus Turunkan Angka Stunting Dinas Perikanan Jepara Luncurkan Program Gemarikan

Acara tersebut difasilitasi oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, dengan fokus pada penurunan angka Stunting terintegrasi di 2 desa di Kecamatan Kedung yaitu desa Kedungmalang dan Bulak Baru. Penentuan berdasarkan pada Peraturan Bupati Nomor: 050/94/2021 bahwa desa/kelurahan prioritas sebagai sasaran utama pada 2 desa tersebut.

Warga kedungmalang saat menerima paket bantuan

Hadir pada acara tersebut Ketua Forum Konsumsi Ikan (Forikan) Jepara Hesti Nugroho, Ketua Forikan tingkat kecamatan Sri Khasanah , Sekretaris camat kedung Sulistyawati , Petinggi Desa Kedungmalang Mustafiyatun , Kabid  usaha dan pengembangan komoditas Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah Iman Kadarusman, Ketua Pokja 3 TP PKK Kabupaten Sri Wahyuni Mas’ud, Kabid Usaha dan Pengembangan Mutu Hasil Perikanan Dinas Perikanan Jepara Deny Ana I’tikafia, Komisi B DPRD Provinsi Jateng Andang Wahyu Trianto.

300 Paket Bantuan diberikan kepada Warga Desa Kedungmalang Jepara

Bantuan sebanyak 300 paket terdiri dari 150 paket untuk Desa Bulak baru dan 150 paket Desa Kedungmalang, karena masih dalam kondisi pandemi dan PPKM, maka secara simbolis diserahkan 30 paket, 15 paket untuk Desa Bulak baru dan 15 Desa Kedungmalang.

Sambutan selamat datang disampaikan oleh Petinggi Kedungmalang.

 " Terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu khususnya dalam kegiatan ini, tentunya ibu ibu dapat membuat olahan masak ikan menu keluarga khususnya balita, lebih difokuskan pada ikan sehingga diminati anak" ucap Petingi Kedungmalang.

Sementara itu ketua Forikan Jepara Hesti Nugroho dalam sambutan mengatakan

 ”Pada intinya setuju dengan pendapat  ibu Petinggi, bagaimana caranya anak gemar makan ikan, menarik dalam hal mengolah dan menyajikannya sebagai makanan lezat dan disukai,” tuturnya.

Selain itu Hesti Nugroho meminta perlu diadakannya lomba makan ikan oleh anak melalui instagram dikirim ke Petinggi Kedungmalang, diteruskan ke ketua Forikan kecamatan, selanjutnya dinilai oleh  ketua Forikan Jepara, dan dipilih 3 terbaik menjadi juara.

”Mari kita ajak semua pihak untuk berperan giat dalam upaya peningkatan konsumsi ikan, pencegahan dan penurunan angka gizi buruk menjadi tanggung jawab bersama semua unsur. Pemerintah dan masyarakat dapat bersatu padu dalam rangka mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya masyarakat yang berdaya saing,”pungkas Hesti.


Reporter Edi Sulton

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url