Dinas Perikanan Jepara Adakan Pelatihan Olah Rumput Laut Di Karimunjawa


Merdekajayapos.com JEPARA - Dalam rangka  Pemberdayaan Perempuan Pesisir, Bidang Usaha Peningkatan Mutu Hasil Perikanan (UPMHP) , Seksi Pengembangan Usaha Perikanan dikelola kasi PU Sepadyarini  mengadakan pelatihan bertema, "Mengolah produk olahan berbahan dasar rumput laut, " bertempat di aula SMK Karimunjawa  selama 2 (dua)  hari,  Jumat 24/9/2021 dan Sabtu 25/9/2021.

Hari pertama acara dibuka oleh kepala Dinas Perikanan kabupaten Jepara Wasiyanto,  dilanjutkan sambutan wakil kepala sekolah Moh  Sofi'i. 

Acara dilanjut pengarahan tentang peran DPRD komisi B Chaerul Anwar dalam menampung aspirasi masyarakat , dilanjutkan pengarahan tentang cara pengolahan yang  baik dan prosedur operasional  standar sanitasi yang merupakan persyaratan  dasar unit pengolahan ikan (UPI)  agar memperoleh  sertifikat  kelayakan dasar  pengolahan  (SKP)  oleh kasi Peningkatan Mutu dan Diversifikasi Produk (PMDP)  Supriyanti dan Tehnikal Metting disampaikan guru SMA Sujatmiko, dimoderatori oleh Deny Ana I'tikafia Kabid UPMHP. 

Peserta pelatihan 20 perempuan terdiri dari 10 orang dari Kemojan dan 20 orang dari Karimunjawa

Di hari kedua,  praktek di laboratorium milik SMK karimunjawa di pandu awak dari para guru SMK Sujatmiko,  Khosidah dan Muhammad Sigit Aryanto. 

Peserta dibagi menjadi 4 kelompok yaitu pembuatan stik 1,  stik 2,  dodol dan minuman rumput laut (mirula). 

Para Peserta Pelatihan Dinas Perikanan Jepara Sangat Antusias Mempraktikkan Hingga Siang Hari

Praktik pengolahan rumput laut

Kabid UPMHP Deni Ana I'tikiafa mengatakan "Kegiatan bertujuan melatih dan memberdayakan  para perempuan pesisir khususnya di Karimunjawa agar lebih terampil dalam bimbingan para guru SMK,  diharapkan kegiatan tidak berhenti sampai pelatihan saja,  namun dapat ilmu pengemasan sehingga menarik untuk dipasarkan. 

Acara ditutup oleh kepala dinas perikanan. "Terimakasih atas partisipasi para ibu yang telah meluangkan waktu untuk mengikuti pelatihan, semoga ilmu bermanfaat dan membantu meningkatkan   penghasilan dan menambah kesejahteraan keluarga" harapnya.

Ditemui terpisah, Ahad 26/9/2021 wakil kepala sekolah SMK Karimunjawa, Moh Sofi'i mengatakan "Kami sangat berharap ibu ibu di Karimunjawa bisa menangkap peluang usaha ekonomi produktif yang bahan bakunya tersedia melimpah di Karimunjawa,  yaitu rumput laut sehingga berujung pada kesejahteraan  masyarakat dan keluarga".


(Edi Sulton)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url