Kualitas Proyek Bangunan Anggaran APBD CV.AHA Dipantau Oleh PEKAT-IB Kabupaten Jepara

Merdekajayapos.com Jepara - Tim Ivestigasi Ormas PEKAT-IB Jepara membantu mengawal Dinas dalam pengawasan pekerjaan Proyek yang di kerjakan oleh kontraktor agar sesuai dengan aturan yang berlaku. Demikian disampaikan ketua tim investigasi kepada media. Minggu, (26/9/2021).

Masih banyak di jumpai bangunan mengunakan dana APBD tetapi spesifikasi tidak sesuai akhirnya kualitasnya di bawah standar mutu, malah boleh dibilang buruk, terkesan asal asalan dan asal jadi, ini banyak terjadi di lapangan. Rakyat merasa prihatin karena dana tersebut adalah uang rakyat yang mestinya jika membangun haruslah dengan kualitas yang baik.

Menurut Tim investigasi PEKAT-IB, CV. AHA yang mempunyai beberapa pekerjaan proyek di tahun anggaran 2021 di Dinas DPUPR Kabupaten Jepara.

Diantara temuan pembangunan proyek tersebut oleh tim investigas PEKAT-IB, temukan pengerjaan proyek yang dikerjakan oleh CV. AHA, pembangunan Irigasi Waru dan proyek peningkatan jalan di Desa Guwosobokerto dan beberapa tempat lainnya.

beberapa pengerjaan proyek bangunan, cukup memprihatinkan kualitasnya karena di bawah strandar mutu atau spesifikasi strandar mutu yang sudah ditentukan oleh Dinas, Akibatnya bangunan akan rapuh tidak akan bertahan lama dan ini membuat boros anggaran APBD, dan rakyat juga yang dirugikan. Untuk itu PEKAT-IB menurunkan tim Investigasi membantu Dinas Terkait mengawal melakukan monitoring pengawasan oleh oknum oknum kontraktor nakal yang masih mencoba bermain dalam Pembangunan proyek yang menggunakan anggaran APBD.

"Untuk kerapian saja dapat kita lihat, hasilnya seperti apa (foto gambar) itu kita belum merambah tentang spesifikasi dan mutu dari beton dan sebagainya". ungkap Ahmad Akbar salah satu tim investigasi PEKAT-IB DPD Jepara. 

Ketua PEKAT-IB DPD Jepara Priyo Hardono yang juga koordinator Tim Investigasi mengatakan 

"Uang negara seperti dibuat mainan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, Negara itu membayar pekerjaan tentunya dengan kualitas yang baik bermutu dan paling penting awet sehingga bermanfaat untuk masyarakat jepara. berkaitan dengan saluran irigasi pun harus berkualitas agar para petani terbantu nanti nya. apalagi berkaitan dengan jalan pun harus sesuai spesifikasi. dengan dalih apapun pekerjaan kontruksi harus sesuai spesifikasi. konsultan perencana membuat gambar teknis dari segi kontruksinya tentunya sudah diperhitungkan  sehingga hasil ketika dikerjakan secara benar akan menghasilkan proyek yang berkualitas dan bermutu baik. jangan sedikit-sedikit di addendum ada syarat teknis yang harus dipenuhi untuk addendum maupun cco maka, kami menghimbau kepada para kontraktor bahkan dinas terkait bekerjalah sesuai dengan koridor. kalau salah katakan salah kalau benar harus diapresiasi. jangan bermain-main dengan kualitas dan mutu karena itu adalah uang rakyat". Tegasnya. 

(Team)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url