MBS MULIYA Adakan Safari di kota Yogyakarta


Merdekajayapos.com JEPARA - Muhammadiyah Boarding School (MBS) SMP Muhammadiyah 5 Kalinyamatan Jepara (MBS MULIYA), melaksanakan rangkaian silaturahmi atau kunjungan di kota istimewa yaitu Yogyakarta pada Sabtu 11/9/2021 M, 4 Safar 1443 H.

Dalam silaturahmi tersebut MBS MULIYA bersilaturahmi dengan beberapa instansi yaitu ke Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah (PPMM) Daarul Khoir dan ke Pesantren K.H Ahmad Dahlan atau yang lebih akrab dengan Persada UAD. 

Kunjungan yang pertama ialah ke PPMM Daarul Khoir yang terletak di kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul. Dalam kunjungan tersebut MBS MULIYA menimba ilmu terkait pengelolaan pesantren, baik dalam segi program, sistem dan hal-hal lain yang mendukung maju dan sukesnya sebuah pesantren.

Muhammad Arif Darmawan selaku pimpinan pondok pesantren mengatakan bahwa untuk mengelola pesantren memang harus dibarengi dengan niat yang ikhlas serta keyakinan yang kuat, jika kita sudah melakukan hal tersebut tidak mungkin Allah SWT akan tinggal diam. Karena mengelola pesantren termasuk dalam menegakan kalimat-kalimat Allah SWT, pasti Allah SWT akan selalu memberikan pertolongannya. 

Ketika Tim MBS MULIYA di PPMM Daarul Khoir, mereka juga tidak lupa untuk melihat lingkungan pesantren baik asrama putri maupun yang putra.

Kepala SMP Muhammadiyah Kalinyamatan Andika Fajri Mubarak ( kiri) saat di Yogyakarta


Kemudian setelah kunjungan MBS MULIYA di PPMM Daarul Khoir, tim MBS MULIYA melanjutkan perjalanan ke Kota Bantul guna melaksanakan agenda silaturrahmi yang kedua yaitu di Persada UAD. 

Pada kunjungan yang kedua tersebut, MBS MULIYA juga menanyakan segala sesuatu yang dapat membuat ponpes itu berkembang dan maju. Walaupun berbeda ranah santri yang diampu, namun pasti ada hal-hal yang dapat diterapkan dalam pengelolaan pesantren. Andhika Fajri Mubarrak selaku pimpinan MBS MULIYA mengatakan bahwa "silaturrahmi ini memberikan kami banyak sekali ilmu, terutama dalam pengelolaan pesantren. Hasil yang kami dapat akan kami olah dan kami terapkan hasil silaturrahmi ini di MBS MULIYA".

Kemudian setelah menanyakan dan berdiskusi terkait hal-hal yang berkaitan dengan pondok pesantren, MBS MULIYA pun melanjutkan perjalanannya.


Kontributor: Edi Sulton


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url