Stok Darah PMI Menipis Kodim Jepara Gelar Donor Darah

Merdekajayapos.com JEPARA – Guna mengantisipasi terjadinya kekurangan stok Darah di wilayah Kabupaten Jepara, anggota Kodim 0719/Jepara melakukan donor darah di Aula Makodim 0719/Jepara yang berada di Jl RW Monginsidi. No. 8, Jepara. Senin (20/9/2021).

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan PMI Cabang Jepara, dan diikuti para Perwira Staf Kodim Jepara dan anggota Makodim Baik TNI maupun PNS. 

Komandan Kodim Letkol Arh Tri Yudhi Herlambang, S.E., M.I.Pol mengatakan donor darah ini dilakukan dalam rangka mengatasi minimnya persediaan darah di wilayah Kabupaten Jepara.

“Kita akan terus lakukan kegiatan positif dan bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya kegiatan seperti ini. Dimana donor darah ini untuk membantu PMI Jepara untuk menjaga ketersediaan stok darah yang sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat. Apalagi di tengah situasi dan kondisi pandemi seperti sekarang ini,” ungkap Dandim.

Sementara, Pasiter Kapten Arm Fadelan menyampaikan sebelum pelaksanaan donor darah, para peserta donor di cek suhu badan dan dilakukan pemeriksaan tensi darah. Sehingga akan diketahui kondisi peserta donor, apakah dalam keadaan sehat atau keadaan kurang sehat.

“Selama pelaksanaan donor darah, petugas PMI dan para sukarelawan dari Kodim 0719/Jepara tetap mengikuti protokol kesehatan yang ada. Yakni dengan tetap menjaga jarak aman, dan menggunakan masker bahkan sebelum dilaksanakan kegiatan tersebut ruang aula Makodim 0719/Jepara tellah disterilkan terlebih dahulu,” kata Pasiter.

Lebih lanjut, Pasiter meyakini bahwa dengan donor darah terdapat manfaat yang luar biasa bagi pendonornya, terlebih dilakukan secara rutin. Diantaranya dapat mengurangi resiko penyakit jantung, membakar kalori, menurunkan resiko kanker, meningkatkan produksi darah dan lain sebagainya. (@ries)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url