Babinsa Ikuti Sosialisasi Kelas Ibu Hamil Bagi Kader FKD Desa Tahunan

 


Merdekajayapos.com | Jepara – Guna menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat bagi ibu hamil serta menghindari kehamilan dengan resiko tinggi yang dapat mengakibatkan bahaya dan komplikasi lebih besar dibanding ibu hamil biasa yang dapat mengancam kejiwaan ibu dan janin, angka kematian ibu dan bayi merupakan tolak ukur dalam menilai derajat kesehatan suatu bangsa.

Pemerintah Desa Tahunan menggelar sosilisasi bagi para kader FKD Desa Tahunan untuk “Kelas Ibu Hamil” yang dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Tahunan, Kecamatan Tahunan. Senin (18/10/2021).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Petinggi Desa Tahunan Muhadi, Babinsa Desa Tahunan Sertu Suharyono, Petugas dari Puskesmas Tahunan Ibu Farida Styaningsih, Bidan desa Tahunan Ibu Desti dan Para kader FKD desa Tahunan.

Pada kesempatannya Petinggi Desa Tahunan Muhadi menyampaikan dengan sosialisasi ini diharapkan dapat bermanfaat bagi kader FKD desa Tahunan untuk mensosilisasikan lingkungan yang bersih dan juga sehat bagi ibu hamil serta menjaga kondisi tubuh dan juga janin yang dikandungnya.

“Saya harapkan para kader FKD desa Tahunan benar-benar memperhatikan pengisi materi dalam memberikan materi tentang pola hidup bersih bagi ibu hamil dan nantinya dapat mensosialisasikan kepada para ibu hamil yang ada di desa Tahunan,” kata Petinggi.

Faridha Setyaningsih dari Puskesmas Tahunan yang sebagai narasumber menyampaikan bahwa tujuan untuk mensosialisasikan tentang pola hidup bersih, di mulai dari keluarga maupun lingkungan dan masyarakat pada umumnya terutama Ibu-ibu yang sedang hamil.

“Selain pola hidup bersih para kader FKD juga diberikan penyuluhan tentang penyakit-penyakit yang rentan terjadi pada ibu hamil, salah satu contohnya adalah tekanan darah tinggi, perdarahan, diabetes pada saat kehamilan,” kata Faridha Setyaningsih.


Lebih lanjut Faridha Setyaningsih mengatakan setiap Kader FKD agar setiap ibu hamil disarankan untuk rutin memeriksakan kandungannya ke bidan atau dokter, selain itu para ibu hamil juga dianjurkan untuk mempersiapkan proses kelahirannya di bidan ataupun dokter terdekat agar lebih memudahkan pada saat persalinan.

“Semua itu agar menjauhi beberapa yang bisa mempengaruhi kesehatan ibu yang sedang hamil, diantaranya adalah tidak merokok atau agar tidak mendekati atau untuk berusaha menjauh dari pada asap rokok.” Ujar Pungkas Faridha Setyaningsih. 

Sementara, Babinsa Sertu Suharyono menyampaikan sebagai Babinsa akan turut mendampingi setiap kader desa untuk menyampaikan sosialisasi tersebut kepada para ibu hamil yang ada di wilayah binaan.

“Semoga dengan kegiatan ini mendorong para ibu hamil untuk selalu menerapkan pola hidup bersih serta selalu memeriksakan kandungannya,” pungkasnya (@ries)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url