Pesawat TNI-AL NC 212-200 Aviocar Jatuhkan Ranjau Laut ke Kapal Selam Musuh di Perairan Situbondo

Pesawat TNI-AL saat menjatuhkan ranjau laut

Merdekajayapos.com | SIDOARJO - Satu kapal selam musuh berhasil terdeteksi oleh radar Pesawat NC 212-200 Aviocar U-6216 yang bermarkas di Skuadron Udara 600  Udara 2 Puspenerbal, Kamis 30/9/ 2021. 

Komandan WinDankg Udara 2  Kolonel y. Ta (P) Winardi, S.H., M.H., memerintahkan Pasops Wing Udara 2 Letkol Laut (P) Adam Firmansyah, M.Tr.Opsla untuk mengerahkan satu unsur Pesud NC 212-200 Aviocar dalam rangka melaksanakan Operasi pengintaian dan penghancuran tarhadap target yaitu Kapal Selam Asing yang terdeteksi di perairan Situbondo.

Ranjau laut di dalam pesawat saat belum dijatuhkan

Dalam operasi ini melibatkan beberapa satuan matra laut yang terdiri dari Satkopaska Koarmada II dan Satuan Kapal Ranjau Koarmada II. Pesawat NC 212-200 Aviocar dengan Pilot Lettu Andre dan Copilot Letda Dendy, dengan senyap dan tepat mampu menghancurkan target dengan menjatuhkan satu Ranjau laut melalui udara dengan berat sekitar 1 ton dan target dapat di hancurkan dengan tepat sasaran.

Kegiatan ini merupakan sekenario Latihan Peperangan Ranjau Koarmada II TA. 2021. Komandan Wing Udara 2 berpesan "Latihan ini merupakan wujud rasa tanggung jawab kita sebagai pasukan tempur matra Laut untuk menjaga lautan Indonesia dari ancaman musuh serta untuk melatih kekompakan, ketelitian dan ketepatan dalam melaksanakan oprasi tempur dengan satuan lain di bawah jajaran TNI Angkatan Laut," Ujarnya.


(Edi Sulton)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url