Habib Umar Bin Ahmad Bin Abdurahman Al Aidid Ayat 1000 Dinar Banyak Hikmahnya

Merdekajayapos.com PATI. Habib Umar Bin Ahmad Bin Abdurahman Al Aidid menyampaikan, Kisah Tentang Ayat 1000 Dinar yang Dapat Diambil Hikmahnya

Kitab Suci Al-Qur'an, merupakan kitab suci umat muslim dari Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam sebagai wahyu terakhir sebagai petunjuk pedoman bagi umatnya.

Habib Umar Bin Ahmad Bin Abdurahman Al aidid

Banyak keutamaan dan keberkahan dari ayat-ayat Al-Qur'an bagi kita yang mengamalkannya, tentunya jika dilakukan dengan menjaga niat dan hati yang murni hanya mengharapkan ridho Allah SWT.

Surah At Thalaq Dikenal Akrab Dengan Sebutan Ayat 1000 Dinar

Salah satu ayat Al-Qur'an yang banyak keutamaanya dan sudah banyak diketahui luas oleh banyak orang ini diantaranya Surah At Thalaq, atau biasa dikenal akrab dengan ayat 1000 dinar, yang merupakan isi dari bagian terkahir ayat ke 2 dan ayat ke 3 dalam Surah At Thalaq.

Jika ditelusuri tentang riwayat ayat 1000 dinar yang begitu masyur ternyata dilatarbelakangi oleh sebuah kisah. Sejarah awalnya munculnya yaitu bersumber dari kisah Nabi Khidir Alaihis Salam, yang kemudian menjadi diamalkan oleh banyak orang hingga saat ini Ayat 1000 dinar dilatar belakangi dari kisah seorang saudagar yang bermimpi bertemu dengan Nabi Khidir Alaihis Salam, mimpi tersebut terus berulang sebanyak 3 kali berturut turut.

Dalam mimpinya Nabi Khidir mengajarkan agar bersedekah sebanyak 1000 dinar, Setelah mendapati mimpi yang sama yang berulang tersebut kemudian seorang saudagar itu menjalankan amanah yang didapatinya dalam mimpi tersebut.

Setelah mengamalkannya kemudian hari, saudagar tersebut kembali bertemu dengan Nabi Khidir dalam mimpinya, dan mengajarkannya untuk mengamalkan salah satu ayat dalam Al-Qur'an yaitu Surah At Thalaq ayat 1-2. 

" Wa man yattaqillaaha yaj'al lahuu makhrojan, Wa yarzuqhu min haitsu laa yahtasibu,Wa man yatawakkal'alallaahi fahuwa hasbuhuu,Innallaaha baalighu amrihii,Qad ja'alallaahu likulli syai in qadran" (QS At Thalaq: 2-3)

Artinya: "Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak dia duga. Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Dia mencukupinya. Sesungguhnya Allah akan mencapai urusanNya, sesungguhnya Allah telah mengadakan bagi tiap-tiap sesuatu ketentuan."

Saudagar itupun lalu mengamalkan dan mengikuti apa yang ajaran oleh Nabi Khidir tersebut. kemudian suatu hari saudagar dikisahkan pergi berdagang ke suatu tempat dengan perahu yang dinaiki.

Kemudian, terjadi sebuah musibah berupa badai angin topan yang menimpa perahunya dan kemudian seluruh penumpang meninggal kecuali hanya tersisa saudagar tersebut yang selamat terdampar di sebuah tepi pesisir pantai.

Beruntung Tidakak hanya sekedar selamat dari bencana, barang- barang dagangan saudagar itupun tidak ada yang rusak sedikitpun.Saudagar terus melanjutkan hidupnya di negeri yang baru dengan berdagang sekaligus terus-menerus mengamalkan ayat 1000 dinar yang diajarkan kepadanya tersebut. Hingga akhirnya suatu hari dia diangkat sebagai raja. Penggalan kisah tersebut, 

Secara umum ayat At Thalaq 2 -5 menjelaskan tentang keistimewaan bagi orang bertawa Barang siapa yang berusaha dan menjaga sepenuh hati ketaqwaan dalam dirinya maka Allah akan memberikan keutamaan dan keberuntungan.

Banyak hikmah yang dapat diambil sebagai renungan agar kita menjadi insan yang lebih baik lagi dalam menjalani hidup. Ayat 1000 dinar mengajarkan kita agar selalu menjaga keimanan, bertakwa dan bertawakkal menggantungkan semuanya hanya kepada Allah semata. (@ries)


Sumber Habib Umar Bin Ahmad Bin Abdurahman Al aidi



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url