Hari ini Dibuka Ormas Expo 2021 Kota Semarang, Stand Lembaga LSP Ramai di Banjiri Pengunjung

Merdekajayapos.com SEMARANG.  Pembukaan Ormas-Ngo Expo Tahun 2021 resmi hari ini di buka bertempat di Hall Mall Paragon Jalan Pemuda No.118 Semarang yang di ikuti sekitar 34 stand ormas. Tampak Stand Lembaga Suara Publik (LSP) ramai dikunjungi  warga masyarakat yang hadir di Mall Paragon sore ini selasa (16/11/2021).

Meriah Ormas Expo Resmi di Buka Hari ini Stand Lembaga Suara Publik (LSP) Ramai di Banjiri  Pengunjung
Hadir dalam kegiatan pembukaan Ormas-Ngo Expo kali ini Dr. Hendrar Prihadi, SE, MM (Walikota Semarang ), Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM), Siti Ruhaini Dzuhayatin (Staf Kepresidenan ), Sugeng Bahagijo (Ketua INFID) , Kombes Pol Irwan Anwar, SIK, SH,  MHum (Kapolrestabes Semarang), Kolonel Inf. Yudhi Diliyanto, SIP (Dandim 0733/ Kota Semarang), Kadar Lusman, SE (Ketua DPRD Kota Semarang), Trijoto Sardjoko, SH,MM (Asisten Administrasi Pemerintahan Setda Kota Semarang), Masdiana Safitri, SH ( Asisten Administrasi Umum Setda Kota Semarang), Abdul Haris, SH, MM (Kaban Kesbangpol Kota Semarang), Joko Hartono, SSTP,  MSI (Sekban Kesbangpol Kota Semarang), H Arnaz Agung A, SE,  MM, Pembina FKSB Kota Semarang), AM. Juma'i (Ketua FKSB Kota Semarang), Aris Kusdarmanto, SH (Kasubid Ketahanan Kemasyarakatan Kesbangpol Kota Semarang), Ka. OPD Kota Semarang , Kecamatan Semarang Tengah, Kelurahan Sekayu, Perwakilan Ormas dan Paratamu undangan lainya.

Kota Semarang jadi tuan rumah kegiatan Festival HAM tingkat Nasional ormas ngo Expo Tahun 2021

Berturut-turut sebelum  pembukaan dimulai diawali sambutan dari berbagai pihak antara lain dari penyelenggara yang diwakili oleh AM. Juma'i selaku Ketua FKSB Kota Semarang dalam sambutan mengatakan

"ORMAS – NGO EXPO kembali diselenggarakan oleh Kesbangpol Kota Semarang bekerjasama dengan FKSB (Forum Komunikasi Ormas Semarang Bersatu) . Ini merupakan event yang ketiga kalinya, dan menjadi special karena bersamaan dengan dipilihnya Semarang sebagai tuan rumah kegiatan Festival HAM tingkat Nasional. Ini menjadi suatu kebanggaan sekaligus tantangan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa ORMAS memiliki peran penting dalam pelayanan dan pembangunan masyarakat . 

Fungsi ORMAS dan NGO kali ini menjadi penting untuk mengisi ruang di ranah pemerintah yang  kurang terjangkau artinya dengan kekuatan ormas bersatu, maka akan terwujud situasi pemerintahan kota yang kondusif, aman yang tentunya berdampak terhadap pelaksanaan kegiatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 


Sambutan yang kedua disampaikan oleh Siti Ruhaini Dzuhayatin (Staf Kepresidenan ) yang dalam kesempatan itu menyampaikan " Saya ucapkan terimakasih atas terpilihnya Kota Semarang sebagai tuan rumah Festival HAM tahun 2021. Pemilihan tuan rumah Festival HAM ini sangat sulit ditentukan karena banyak pertimbangan bagi kita. Kegiatan Orms Exspo ini sebagai cerminan keberhasilan Pemkot Semarang dan warga Kota Semarang yg mampu menciptakan, merawat prinsip - pripsip HAM. Semarang sering mengadakan kegiatan expo tapi dengan Ormas Expo ormas ini sangat unik di Indonesia dan di dunia. Ini adalah Cermin dari berkumpulnya berbagai ormas sebagai pemilik otonomi kebangsaan. Saya mewakili Staf Kepresidenan mengucapkan banyak terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Kegiatan ini suatu pembelajaran yg baik buat kota Semarang dan untuk kota kota lain kedepan.kata Siti Ruhaini


Sambutan yang ketiga disampaikan oleh Sugeng Bahagijo sebagai Ketua INFID dalam sambutanya mengatakan "Saya menyatakan dan mengucapkan kebanggaan Kepada Pemerintah Kota Semarang atas terselenggaranya kegiatan ini. Selamat kepada Kota Semarang yg telah bersedia menjadi tuan rumah dalam Festival HAM tahun 2021 yg banyak bermanfaat untuk berbagi ilmu. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk merawat kebhinekaan bagi kita semua khususnya Kota Semarang ucap Sugeng

Selanjutnya sambutan pamungkas disampaikan oleh Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM) dan sekaligus membuka acara Ormas Expo. Dalam kesempatan tersebut menyampaikan "Peran Pemkot Semarang dalam menghormati, menegakkan terkait HAM sagat dibutuhkan buat kita semua. Kegiatan ini memiliki sikap proaktif dalam kemasyarakan dan membangun Kota Semarang sangat luar biasa buat Pemkot Semarang ,dalam kegiatan ini bisa bersatu dalam kegiatan ini untuk merawat kebhinnekaan kita semua. Semoga menjadi inspirasi buat kita semua dalam menegakkan HAM.ungkap A.Taufan


Sementara terkait dengan persiapan expo, saat di temui awak media Naneth selaku Ketua Panitia Ormas EXPO NGO 2021 mengungkapkan bahwa animo ormas untuk ikut serta berpartisipasi di acara ini semakin meningkat. Saat awal pembukaan tidak kurang dari 68 profil ormas mengajukan diri agar terpilih sebagai salah satu dari 34 ormas yang akan tampil exhibitions selama 3 hari di Mall Paragon.  

Ini pekerjaan yang tidak  mudah untuk bisa menyeleksi profil Ormas yang mengajukan diri untuk mendaftar di Ormas Expo ini, karena masing masing memiliki keunikan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat” jelas Naneth. 


Neneth menambahkan berdasarkan tim seleksi telah terpilih 34 Ormas yang terdiri dari berbagai layanan berdasarkan rumpun gerakan dan kegiatannya yakni Keagamaan, Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Lingkungan Hidup, Seni dan Budaya, Sosial Kemanusiaan, Kepemudaan dan Olahraga, Pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, Demokrasi dan Kebangsaan , Hukum dan Pemerintahan, Ekonomi dan UKM serta Keamanan dan Ketertiban. Dari masing masing ormas tersebut, akan menampilkan kegiatan mereka dalam memberikan layanan kepada masyarakat khususnya pelayanan yang terkait dengan HAM (Hak Asasi Manusia) di Kota Semarang Pungkas Neneth (@ries)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url