Mengenal Sosok Saodah Guru TK Senior Asal Plajan

Merdekajayapos.com JEPARA. Bulan November adalah hari istimewa bagi guru, pasalnya tiap tanggal 25 November diperingati sebagai hari guru. Dari seorang guru lahirlah generasi penerus yang unggul. Rasa tidak berlebihan bila ada peringatan hari guru sebagai tanda terima kasih atas jerih payah sang pendidik.

Saodah guru TK legendaris asal plajan

Dari sekian ribu bahkan bahkan jutaan guru di dunia ada yang punya cerita atas kiprahnya di dunia pendidikan. Tidak terkecuali kita ulas sosok seorang guru TK yang legendaris asal Plajan Pakis Aji Jepara.

Dialah Saodah Guru TK yang termasuk lama di desa Plajan Pakis Aji Jepara, bisa dibilang guru legendaris. Saodah demikian panggilannya mengajar di TK RA Bustanul Arifin dukuh Boto Plajan Pakis Aji Jepara sejak tahun 1987. Karena begitu lamanya mengajar banyak dari masyarakat desa Plajan mengenal TK RA Bustanul Arifin sebagai TK Bu Saodah.

Saodah sendiri mengaku senang menjadi guru TK karena menjadi guru TK itu  melatih kesabaran dan mendidik anak usia dini. Karena anak masa dini  adalah sebagai fondasi.

Ditanya mengenai suka duka mengajar anak TK, ibu dari Ahmad Sabik saat dihubungi lewat  layanan WA pada Selasa 30/11/2021, mengatakan, " Selama saya mengajar tidak ada rasa duka . Yang saya rasakan hanya  senang sekali mas. karena melihat wajah-wajah masa kanak-kanak paling menyenangkan. karena anak masih polos dan tak berdosa.

Saodah saat mengajar

Disinggung tantangan dalam mengajar wanita kelahiran 18 November 1963 ini mengungkapkan bahwa ada  sedikit  tantangan dari wali murid yang berupa kritikan tapi bagi Saodah diterima dengan kepala dingin. Karena baginya kritikan adalah membangun bagi para pengajar. Menurutnya salah satu kritikan itu antara lain pulang terlalu awal dan terlalu sabar.

Dikenal Guru TK Yang Sabar

Bagi mantan siswanya di TK,  Saodah dikenal Guru yang sabar. Edi Sofwan mantan anak didik Saodah Mengatakan " Bu Saodah itu  sabar mendampingi anak-anak terutama saat tampil pada malam 17an di lapangan puskesmas Plajan pada waktu itu. Itu yang saya rasakan, karena waktu kecil saya  anaknya hiper active jadi tidak senang jika diajak nyanyi - nyanyi saja, ibu Saodah ramah terhadap siswa TK. Bagi anak-anak merasa senang karena waktu itu banyak bermain menggunakan media pembelajaran".

Hal yang sama juga diungkapkan Erma Fatmawati, " Beliau orangnya sabar menghadapi nakalnya anak - anak, Bu Saodah baik hati dan humoris, Pokok e guru TK terbaik dan terawet" Ujar Erma sedikit berkelakar.

Kesaksian Edy Sofwan dan Erma Fatmawati juga diiyakan oleh Erwin Erwanto. " Beliau guru TK uang sabar dan telaten mengajar anak TK", ujar Erwin. (Edi Sulton)

Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url