Tantangan Guru Bimbingan Konseling Di Era Merdeka Belajar Dengan Pemanfaatan Teknologi Untuk Manajemen BK

Merdekajayapos.com Jepara, Guru Pembelajar abad 21 adalah Tantangan Guru Bimbingan Konseling Di Era Merdeka Belajar Dengan Pemanfaatan Teknologi Untuk manajemen BK guru yang mampu menjadi pembelajar sepanjang karir untuk meningkatkan keefektifan proses pembelajaran siswa seiring dengan perkembangan lingkungan; mampu bekerja dengan, belajar dari, dan mengajar kolega sebagai upaya menghadapi komplesitas tantangan sekolah dan pengajaran, mengajar berlandaskan standar professional mengajar untuk menjamin mutu pembelajaran, serta memiliki komunikasi baik langsung maupun menggunakan teknologi secara efektif/ mangkus dengan orang tua siswa untuk mendukung pengembangan sekolah (Hargreaves, 1997,2000; Darling, 2006).

Marida Retna, S.Pd Guru BK SMP Muhammadiyah 5 Kalinyamatan

Karena itu sebagai guru Bimbingan dan Konseling di SMP Muhammadiyah 5 Kalinyamatan harus mengikuti perubahan tersebut untuk meningkatkan keprofesionalan sebagai Guru Bimbingan dan Konseling abad 21. 

Manajemen Guru Bimbingan Konseling Era Merdeka Belajar Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi

Disamping kesibukan mengajar atau kegiatan yang lainnya, sekarang ini banyak sekali Workshop/ lokakarya, diklat maupun seminar secara gratis bersertifikat yang bisa diikuti seluruh guru di Indonesia,  seperti halnya yang diadakan oleh Kemendibud pada Portal Resmi Guru Belajar, Portal Rumah Belajar ataupun Lembaga-lembaga jasa bergerak di bidang Pendidikan seperti e-guru, e-sky community, Salman Edutraining, Guru Pintar.Web.id dll ataupun Komunitas Peduli Anak Seperti Kompak Jepara.


Semuanya itu untuk menfasilitasi guru, siswa, maupun orang tua, yang mana Pelaksanaannya dilakukan secara daring melalui online/ daring zoom, Youtube dan lain- lain. Banyak sekali keuntungan yang akan kita dapat tentunya lebih efektif/ mangkus dan efisien/ sangkil. salah satu Webinar yang pernah saya ikuti adalah Webinar Nasional Guru BK bedah aplikasi Bimbingan Konseling Batch#23 dengan mengusung Tema Tantangan guru BK di era Merdeka Belajar Pemanfaatan teknologi untuk manajemen BK.


Materi disampaikan diantaranya pertama tantangan guru BK di Era Merdeka Belajar, kedua. Pemanfaatan teknologi untuk manajemen BK di Sekolah, ketiga, Manajemen data layanan siswa oleh BK, keempat. Pemanfaatan sosiometri untuk pemecahan masalah siswa, ke Lima. Dokumentasi Daftar Cek Masalah Siswa, ke enam. Data Point Tata Tertib Sekolah sebagai alternatif data, Ketujuh Manajemen kunjungan Rumah/ Home Visit, dan kedelapam. Manajemen penjurusan siswa, Dokumentasi data mutasi siswa yang diselenggarakan salah satu. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk diri saya sebagai guru Bimbingan dan Konseling di SMP Muhammadiyah 5 Kalinyamatan menambah Wawasan, memperbaiki kinerja, menambah pengalaman serta mendapatkan sertifikat tentunya. Dan nantinya ilmu yang kita dapatkan diaplikasikan di kelas masing-masing. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url