Anggota Koramil Mayong Bersama Dinas PUPR Karya Bakti Normalisasi Sungai SWD 2 Desa Blimbingrejo

Upaya mencegah terjadinya banjir di musim penghujan Anggota Koramil 05/Mayong beserta anggota Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR ) Kabupaten Jepara melaksanakan karya bakti normalisasi sungai SWD 2, yang berada di Desa Blimbingrejo, Kecamatan Nalumsari. Kamis (2/12/2021).

Normalisasi Sungai SWD 2 Desa Blimbingrejo

Merdekajayapos.com JEPARA. Dalam kegiatan normalisasi sungai tersebut turut dihadiri oleh Danramil 05/Kapten Inf Ngadino, Kapolsek Nalumsari Iptu Bambang Sutoyo, Kepala Bidang Dinas PUPR Basrowi, Perangkat Desa Blimbingrejo dan warga sekitar.

Menurut Danramil Kapten Inf Ngadino karya bakti TNI merupakan bagian dari tugas TNI, khususnya Angkatan Darat dalam rangka mendekatkan diri dengan masyarakat sebagai bagian dari kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Dengan kegiatan ini tentunya merupakan bagian dari pembinaan teritorial (Binter) TNI AD sebagai sarana untuk membangun kebersamaan dan solidaritas antara prajurit TNI dengan Pemkot dan komponen masyarakat. Hal ini semata-mata untuk memecahkan dan menyelesaikan suatu permasalahan yang ada di masyarakat,” ujar Danramil.

Sementara Kepala Bidang Dinas PUPR Basrowi menuturkan, normalisasi sungai di SWD 2 Desa Blimbingrejo dilakukan karena banyaknya sampah yang menumpuk yang membuat arus sungai terganggu.

“Selain untuk pencegahan banjir, normalisasi ini juga untuk mencegah terjadinya penumpukan lumpur dan juga sampah, sehingga tidak terjadi pendangkalan,” ujar Basrowi.


Upaya mencegah terjadinya Banjir dilakukan Normalisasi SWD 2 Desa Blimbingrejo 

Selain menggunakan tenaga dari anggota Koramil 05/Mayong maupun dari Polsek Nalumsari dan warga sekitar, pembersihan aliran sungai juga dilakukan dengan mengerahkan satu alat berat ekskavator untuk mengangkut material sampah maupun sedimen dari dasar sungai.

“Untuk mengangkat sampah yang ada di dasar sungai, sulit dilakukan dengan tangan manusia, makanya kami gunakan eskavator,” jelasnya.

Basrowi berharap normalisasi sungai yang dilakukan bersama personel TNI-Polri dan masyarakat sekitar dapat menyadarkan masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian ekosistem aliran sungai dan sekitarnya.

“Semoga normalisasi sungai yang kami lakukan ini dapat menyadarkan masyarakat sekitar untuk senantiasa menjaga kebersihan dan keindahan sungai,” pungkasnya. (@ries)

Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url