Apel Tiga Pilar Wujudkan Kondusifitas Wilayah Dan Sinegritas Dalam Penanganan Covid-19 Di Kabupaten Jepara

Merdekajayapos.com, Jepara –, Dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Jelang Perayaan (Nataru) Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 Polres Jepara gelar Apel Tiga Pilar yang dilaksanakan di Pendopo R. A Kartini Jepara. Senin (20/12/2021).

Apel Tiga Pilar Sinegritas Penanganan Covid-19 Nataru 2022 Jepara
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Jepara diwakili oleh Sekda Jepara Edy Sujatmiko, S.Sos. M.H. MM, Dandim 0719/Jepara diwakili oleh Pasi Ops Kapten Inf Triyono, Kapolres Japara AKBP Warsono, S.H. S.I.K. M.H, Kajari Jepara Ayu Agung, S.H. S.Sos. M.H. M.Si (Han), Kepala Bakesbangpol Jepara Lukito Sudi Asmara, S.H. M.Si, PJU Polres Jepara serta Petinggi, Babinsa dan Bhabinkamtibmas se-Kabupaten Jepara.

Bupati Jepara yang di wakili Sekda Jepara Edy Sujatmiko, S.Sos. M.H. MM sebagai pimpinan apel tigal pilar tersebut dalam arahannya menyampaikan kegiatan apel ini merupakan wahana untuk meningkatkan wawasan serta penyamaan visi.

Terhadap berbagai permasalahan aktual yang terjadi di Kabupaten Jepara dalam rangka mewujudkan kesamaan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak maka diperlukan keterpaduan dan sinergitas antara aparat TNI, Polri dan Para Petinggi.

“Pandemi Covid-19 yang melanda sudah hampir dua tahun ini telah menghambat pembangunan daerah dan negara kita dengan segala keterbatasan baik pemerintah, swasta maupun elemen masyarakat dituntut untuk tetap eksis guna mengatasi masalah kesehatan guna tetap mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah,” kata Sekda Jepara Edy Sujatmiko.

Lebih lanjut, dengan kondisi penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Jepara ini sudah mulai membaik akan tetapi tidak boleh lengah dalam menerapkan protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari.

Apalagi menjelang moment-moment libur panjang tertentu seperti saat libur Lebaran, ( Nataru) Natal dan Tahun Baru kewaspadaan harus tetap ditingkatkan, mengingat sekarang muncul juga varian-varian baru Covid-19 dan tidak dimungkinkan akan terjadi gelombang ketiga Covid-19.

“Untuk itu, dalam rangka mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Jepara, kami dari Pemerintah Kabupaten Jepara meminta dukungan dalam apel tiga pilar desa (Petinggi, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas) ini untuk turut berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan Covid-19 selama liburan panjang yakni (Nataru)  Natal Tahun 2021 hingga Tahun Baru 2022,” ungkap Sekda Jepara.

Selain itu, Sekda Jepara Edy Sujatmiko juga mengharapkan dalam apel tiga pilar ini untuk mengaktifkan kembali fungsi Satuan Tugas Penanganan COVID-19 di Kelurahan, Desa, RT dan RW, seperti satgas Jogo Tonggo.

Terus menggiatkan operasi yustisi dan sosialisasi ditempat-tempat keramaian dan tempat wisata, untuk menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat dengan pendekatan 5M kepada masyarakat serta pelaksanaan 3T (testing, tracing, treatment).

Serta mendorong percepatan pencapaian target vaksinasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat sampai dengan akhir tahun sebesar 70 persen untuk dosis 1 dan 48,57 persen untuk dosis 2.

Sedangkan untuk pelaksanaan Perayaan Tahun Baru 2022 masyarakat dihimbau sedapat mungkin tinggal di rumah berkumpul bersama keluarga, hal tersebut guna menghindari kerumunan dan perjalanan serta minimalisir potensi pawai dan arak-arakan tahun baru serta berbagai acara yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Mari kita tingkatkan sinergitas anggota Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Petinggi untuk mewujudkan kondusifitas diwilayah serta diperlukannya dukungan dari semua pihak, dimana utamanya adalah masyarakat sebagai subyek pembangunan khususnya di wilayah Kabupaten Jepara,” ujarnya.

Ditambahkannya, dalam apel Tiga Pilar Desa ini untuk terus melibatkan peran serta tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam memberikan pemahaman dan dorongan kepada masyarakat agar secara aktif ikut ambil bagian dalam upaya cipta kondisifitas lingkungan masing-masing. (@ries).

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url