HJK TNI AD 2021 Dandim 0719/Jepara Upacara Ziarah TMP Giri Dharma

Merdekajayapos.com, Jepara – Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika (HJK) TNI AD Tahun 2021, yang diperingati setiap tanggal 15 Desember, prajurit Kodim 0719/Jepara melaksanakan upacara Ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Dharma, yang berada di Keluarahan Pengkol, Kecamatan Jepara. Selasa (14/112/2021).

Hari Juang Kartika Dandim 0719/jepara Letkol Tri Yudhi Herlambang Ziarah TMP Giri Dharma

Hari Juang Kartika Dandim 0719/jepara Letkol Tri Yudhi Herlambang Ziarah TMP Giri Dharma

Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Arh Tri Yudhi Herlambang, S.E., M.I.Pol secara langsung memimpin jalannya upacara Ziarah tersebut dan dihadiri seluruh Perwira Staf, para Danramil, Prajurit, PNS Kodim 0719/Jepara dan Ketua serta Pengurus Persit KCK Cab XL Dim Jepara.

Kegiatan diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan Kusuma Bangsa dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta kemudian peletakkan karangan bunga oleh Dandim 0719/Jepara Letkol Arh Tri Yudhi Herlambang di depan monumen patung garuda.

Kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga secara simbolis dan diikuti para perserta upacara ziarah ke sejumlah pahlawan Kusuma Bangsa yang terdapat 28 makam pahlawan antara lain Sersan Mayor (Purnawirawan) dari kesatuan TNI NPV 19808 Arief Ma’soem Riswijayanto, Kopral TNI kesatuan BN.281 Surawi, dan prajurit TNI kesatuan BN II Res.28 Sarpon. 

Seusai pelaksanaan kegiatan upacara ziarah Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Arh Tri Yudhi Herlambang mengatakan Hari Juang Kartika (HJK) merupakan peringatan mengenang pertempuran Ambarawa yang puncaknya terjadi pada 15 Desember 1945.

“Untuk itu, dengan upacara ziarah ini untuk mengenang dan menghormati jasa para Pahlawan yang telah gugur sebagai Kusuma Bangsa demi membela bangsa dan negara,” ungkap Dandim.

Lebih lanjut, orang nomor saru dijajaran Kodim 0719/Jepara menyampaikan, sebagai generasi penerus bangsa yang saat ini tinggal meneruskan perjuangan mereka untuk mengisi kemerdekaan, sudah selayaknya mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif dan membangun.

“Abdikan pikiran dan tenaga kita untuk kemajuan bangsa Indonesia sesuai dengan tugas dan kewajiban masing-masing. Jangan sia-siakan pengorbanan para pahlawan yang telah berjuang tanpa pamrih demi kemerdekaan bangsa ini,” ujar Dandim.

Ditambahkannya, dengan ziarah ke TMP dapat dijadikan motivasi seluruh anggota Kodim 0719/Jepara untuk tetap semangat dalam meneruskan perjuangan para pahlawan dalam membangun negara dan bangsa, khususnya perjuangan TNI AD dalam pertahanan negara.

“Kita sebagai TNI, harus meneruskan perjuangan para pahlawan terdahulu dengan menjadi TNI yang profesional, agar pertahanan negara kita tetap kokoh, kuat sehingga tidak dirongrong oleh negara luar. Dirgahayu TNI Angkatan Darat,” tandas Dandim. (@ries).

Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url