Upaya Turunkan Angka Gizi Buruk, Ketua Forikan Adakan Lomba Anak Makan Ikan

Merdekajayapos.com JEPARA- Pada acara kampanye  Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan  (Gemarikan),  Jum’at 27/9/2021 bertempat di Rumah Khusus Nelayan Desa Kedungmalang Kecamatan Kedung yang telah lalu, Ibu Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan  (Forikan) Jepara Hesti Nugroho tergugah hatinya, menginisiasi lomba berupa video tentang anak makan ikan, untuk menggugah semangat anak agar gemar makan ikan .

Penyerahan piala lomba makan ikan

" Sangat  memprihatinkan, di daerah potensi ikan, masih terdapat anak stunting , dengan berbagai prediksi, diantaranya adalah para ibu mengolah ikannya agar lebih menarik dan diminati putra putrinya untuk menyantap, sesuai kebutuhan gizinya", kata Hesti Nugroho. 

Setelah selesai kampanye Gemarikan kala itu, dilanjut ramah tamah dengan para kader , ibu camat juga petinggi Kedungmalang , dihasilkan keputusan bahwa di dua desa tersebut dalam rangka hari ikan nasional  (HARKANNAS)  yang setiap tahun diperingati tanggal 21 November, maka diadakan lomba anak makan ikan dibuat video dikirimkan melalui instagram Hesti Nugroho.

Kemarin, tepatnya Rabu 1/12/2021, bertempat di aula kecamatan Kedung, diadakan penyerahan hadiah lomba berupa piala, piagam dan uang pembinaan masing-masing Juara 1 Rp750.000,- Juara 2 Rp500.000,- Juara 3 Rp250.000,- Bantuan dari Bupati Jepara.

Juara 1 diperoleh oleh Ray Wahyu Surya klas 6 SD Bulakbaru, Juara 2 Zahrah Nuriz zakiyah klas 2 SD Negeri 1 Kedungmalang, Juara 3 Ahmad Ridho Junio  kelas 6 SD Bulak baru

Penyerahan hadiah lomba dihadiri Camat Kedung  beserta jajarannya, disaksikan petinggi juga carik seKecamatan Kedung; Hadir dari Dinas Perikanan Kabid Usaha Peningkatan Mutu Hasil Perikanan  Deny Ana I’tikafia dan Kasi Peningkatan Mutu Diversifikasi Produk  Supriyanti, Penyerahan hadiah  tersebut dibarengkan rakor kecamatan, setelah acara selesai membahas percepatan RAPBDes 2022.

Usai penyerahan hadiah, Camat Kedung Tri Jatmiko dalam sambutannya mengatakan, " Daerah Kedung dalam cegah stunting untuk berupaya semaksimal mungkin mencegahnya karena stunting itu tidak dapat disembuhkan tapi bisa ditekan laju pertumbuhannya sehingga ke depan diharapkan angka stunting menurun".

Menurut Camat Kedung tahun 2022, fokus penurunan angka stunting di daerah kedung terdiri dari 5 desa yaitu Jondang, Sowan Kidul, Menganti, Kerso dan Sukosono.

Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url