Ribuan Anak SD Di Semarang Naik Kapal Perang, Ada Apakah?

Merdekajayapos.com SEMARANG- Ribuan anak anak SD di semarang antusias ikuti vaksinasi di Kapal perang TNI AL Koarmada II, Kehadiran kapal perang TNI AL disemarang sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam percepatan vaksinasi bagi anak-anak, TNI Angkatan Laut melalui Koarmada II kembali menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang  menggelar vaksinasi Covid-19 bagi  anak-anak Sekolah Dasar yang berusia 6 hingga 11 tahun agar siap melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Vaksinasi terasa istimewa karena dilaksanakan di geladak helly KRI Surabaya-591, yang sandar di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Kamis (6/1/2022).

Kapal Perang TNI AL Koarmada II Bantu Vaksinasi Anak di Semarang
Pangkoarmada II menghibur anak SD yang menangis saat divaksin

Kapal Perang TNI AL Koarmada II Bantu Vaksinasi Anak di Semarang 

Gubernur Jawa Tengah,  Ganjar Pranowo  hadir langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi  didampingi Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han), Walikota Semarang  Hendar Prihadi juga Dansatgas Vaksinasi Cocid-19 Semarang Kolonel Laut (P) Sumarji Bimoaji, Asops dan Aspers Pangkoarmada II, Kadiskes dan Kadispen Koarmada II, Danlanal Semarang serta  Komandan KRI Surabaya-591 Letkol Laut (P) Handoyo.

Menurut Pangkoarmada II, kali ini kehadiran TNI AL Koarmada II dalam vaksinasi anak-anak di Semarang adalah dalam rangka peringatan Hari Dharma Samudera pada tanggal 15 Januari 2022 mendatang. Selain itu juga masih dalam rangkaian kegiatan Bhinneka Eka Bhakti Taruna Akademi TNI yang dilaksanakan di KRI Surabaya pada Rabu (5/1/2022) kemarin. 

“Memanfaatkan keberadaan KRI Surabaya di Tanjung Mas, maka atas izin Bapak Kasal, kami mengadakan vaksinasi bersama pemkot Semarang. Sebab ini juga merupakan salah satu tugas TNI. Disamping itu kita juga ingin memberikan edukasi kepada  anak-anak Sekolah untuk mengenalkan keberadaan TNI AL  kepada mereka dengan memberi kesempatan melihat langsung alutsista TNI AL yakni kapal perang ” ujar Laksda Iwan. 

Kapal Perang TNI AL Koarmada II Bantu Vaksinasi Anak di Semarang
Pangkoarmada II didampingi Gubernur Jateng meninjau pemvaksinan di Semarang

Laksda Iwan menambahkan dari 1.200 anak-anak yang ikut vaksin di hari pertama ini tidak ada yang KIPI, meski ada beberapa anak yang menangis saat hendak disuntik. “Kita tidak akan berhenti disini, selama pimpinan memerintahkan kami untuk bergerak (serbuan vaksinasi), maka kami Angkatan Laut akan selalu melaksanakan tugas itu. Sebagai ksatria pengawal samudera akan terus melaksanakan tugas sebagaimana jati diri kita . Kita tidak akan pernah berhenti mensukseskan tugas pemerintah, TNI, TNI AL dan khususnya Koarmada II, “tandas Laksda Iwan.

Sementara itu Gubernur Ganjar Pranowo mengungkapkan rasa terima kasih kepada TNI AL yang sudah kali kedua bersama pemprov Semarang mengadakan vaksinasi covid-19, dimana yang pertama adalah vaksinasi bagi masyarakat Tegal. Menurut orang nomor satu di Jawa Tengah ini, dengan mengikuti vaksinasi di kapal perang terasa istimewa dan hal menarik bagi anak-anak selain bisa mengatasi rasa deg-degan karena di vaksin, juga menjadi pengetahun baru mereka untuk mengenal TNI AL.

“Ini adalah bagian dari cara kita melakukan percepatan vaksinasi pada anak-anak kita agar saat PTM nanti minimal sudah ada proteksi dalam tubuh mereka sehingga nanti sehat. Sekali lagi lagi terima kasih kepada TNI AL khususnya Koarmada II, “ tandas Gubernur Ganjar Pranowo

Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Semarang, Koarmada II menggelar Vaksinasi Covid-19 pada Hari Kamis dan Jumat, ttanggal 6 dan 7 Januari 2022. Lokasi pelaksanaan yakni di KRI Surabaya-591 yang sandar di dermaga PelabuhanTanjung Mas Semarang. Sebanyak 3.253 siswa SD menjadi target vaksin, namun Diskes Koarmada II telah menyiapkan 5.000 dosis vaksin bilamana peserta vaksin melebihi target alias animo anak-anak yang tinggi untuk mengikuti vaksinasi.

Untuk kelancaran serta keberhasilan pemberian vaksin, Koarmada II  dan Dinas Kesehatan Kota Semarang  menerjunkan sekitar  50 tenaga kesehatan profesional, gabungan dari Diskes Koarmada II, BK Lanal Semarang, dan Dinkes Kota Semarang.  Selain itu juga disiapkan alur atau prosedur yang harus diikuti oleh seluruh peserta vaksin. Diawali dengan Registrasi saat peserta datang, sebagai filter awal persyaratan vaksin. Kemudian Screening sebagai kegiatan filter lanjutan oleh tenaga kesehatan, berikutnya Vaksinasi , dan terakhir  Entry Data yaitu pengisian data warga yang telah di vaksin oleh tim Pcare dari Dinkes Kota Semarang. (Edi Sulton).

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url