Kasal Korea Selatan Kunjungi Koarmada II Eratkan Kerjasama

Merdekajayapos.com SURABAYA- Komando Armada II mendapat kehormatan dikunjungi oleh Chief of Naval Operation, Republic of Korea Navy  (Kasal Korea Selatan) Admiral Kim Jung-Soo, dalam rangka mempererat hubungan bilateral  khususnya terkait kerja sama di bidang Pendidikan, Personil dan Industri Pertahanan, pada Selasa (22/02/2022).

Pangkoarmada II saat menerima KASAL Korea Selatan

Sesaat tiba di Markas Koarmada II, Admiral Kim Jung-Soo yang datang didampingi oleh Asops Kasal Laksda TNI Dadi Hartanto, juga Chief of Naval Policy ROKN HQ RDML. Kang, Chung Ho, dan  Flag Secretary, ROKN HQ RDML (s) Kim, Jungil , disambut oleh jajar kehormatan dan Valreep. Selanjutnya Panglima Koarmada II, Laksda TNI Iwan Isnurwanto selaku tuan rumah menyambut hangat kedatangan Kasal Korea di Ruang VIP Gedung Nala.

Pertemuan pun berlangsung dalam suasana yang kental dengan rasa persaudaraan. Mendapat kunjungan kehormatan dari orang nomor satu di Angkatan Laut  Korea Selatan, Laksda Iwan mengucapkan terima kasih dan rasa bangga karena Koarmada II menjadi salah satu agenda pokok kunjungan kerja  Admiral Kim Jung-Soo di Indonesia. 

Sehari sebelumnya, Kasal Korea Selatan beserta staf melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, di Markas Besar TNI AL Cilangkap, Jakarta. Di hari yang sama Admiral  Kim Jung-Soo, didampingi oleh Laksamana Yudo Margono juga melaksanakan kunjungan kehormatan kepada Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa di Markas Besar TNI Cilangkap. 

KASAL Korea Selatan memberikan penghormatan di monumen KRI Nanggala- 402

Sementara itu dalam sambutannya saat ramah tamah di Lounge Majapahit, Laksda Iwan menyampaikan bahwa hubungan silaturahmi dan kerja sama angkatan laut Korea Selatan dan Indonesia  terpelihara dengan baik sejak lama. Dan saat ini kerja sama tersebut makin meningkat. “ Mekanisme kerja sama kita dapat terlihat dalam beragam aktivitas seperti Latihan Bersama, Navy To Navy Talks, Pertukaran Personil di bidang Pendidikan, dan masih banyak lainnya,” ujar Laksda Iwan.

Lebih lanjut Laksda Iwan meyakini jika kerja sama antar angkatan laut kedua negara akan terus berlanjut, dan semakin kuat. “Korea Selatan dan  Indonesia sama-sama menjadi  bagian  dalam G-20 dan APEC. Sehingga banyak kesempatan bagi kita untuk berdiskusi sebagai teman, termasuk saling mengunjungi yang dipercaya mampu menambah nilai hubungan,” jelas orang nomor satu di jajaran Koarmada II ini.

Pada bagian lain, Admiral Kim Jung-Soo mengucapkan terima kasih kepada Pangkoarmada II yang menyempatkan waktunya untuk menyambut dengan hangat di tengah kesibukan kerja. Ia pun merasa senang sekali dengan kesempatan mengunjungi Surabaya, karena menurutnya Surabaya sama dengan Kota Busan dimana keduanya mempunyai hubungan sister city dalam kerja sama di bidang Industri Pertahanan , Militer maupun Ekonomi.

Senada dengan Pangkoarmada II, Admiral Kim Jung-Soo berharap hubungan  kemitraan strategis khusus antara Indonesia dengan Korea Selatan dapat berdampak terhadap kerja sama angkatan laut kedua negara  dalam pendidikan dan bidang lainnya untuk kemajuan bersama. “Sekaligus pada kunjungan kami  saat ini dapat menghasilkan hubungan  kerja sama yang  baik dalam bidang personil maupun industri pertahanan,” tutur Admiral Kim Jung-Soo.

Kunjungan ke Koarmada II juga digunakan Kasal Korea Selatan beserta delegasi, mengunjungi  Monumen Nanggala  untuk memberi penghormatan terhadap para prajurit yang turut bersama KRI Nanggala-402 patroli dalam keabadian menjaga lautan Indonesia. (Edi Sulton)

Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url