Ponpes Nurul Ilmi Bucu Kembang Jepara Adakan Tasmi' Akbar 2022

Merdekajayapos.com JEPARA - Ahad  20/03/2022 M/ 17 Sya'ban 1443 H Ponpes Nurul Ilmi Muhamamdiyah Bucu Kembang menyelenggarakan Tasmi' tahfiz. Merupakan  hari pertama tasmi' akbar karena tasmi' kali ini diikuti oleh 55 santri. Tasmi' akan diselenggarakan Selama sembilan hari, dimulai hari Ahad 20 Maret sampai dengan 29 Maret 2022.

Santri ponpes Nurul Ilmi saat tasmi'akbar

Sepanjang tahun 2020 Sampai 2022 peserta Tasmi' kali ini merupakan peserta terbanyak. Peserta Tasmi' terdiri 29 santri putra dan 26  Santri putri. Tasmi' kali ini mulai dari Juz 30, 29, 28,27 dan 26. 

Sangat membanggakan prestasi tahfiz santri Nurul Ilmi. Dua santri dari 94 santri akan Tasmi' 5 Juz satu majlis, ananda Muhammad Ivan Valen Arroby asal Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara, dan Ananda Desy Dwi Jayanti Asal Sumanding, Kecamatan Kembang. 

Tasmi'Akbar ponpes Nurul Ilmi

Mereka sangat antusias dan semangat menyetorkan hafalan Qur'an   dihadapan semua santri dan dewan ustaz/Ustazah dengan dinilai oleh dua hakim tasmi'.

Para santri telah mengikuti uji pendadaran untuk menuju tasmi'. Sebelum menuju tasmi' mereka menyetorkan hafalannya kepada ustaz/ Ustazah pengampu Tahfiz, Kepada teman satu halaqah dan terakhir kepada ustaz/ Ustazah senior.

Kegiatan tasmi' akbar bulan ini bertepatan dengan bulan Syakban disamping sebagai uji pendadaran kemampuan tahfiz juga sebagai persiapan memasuki bulan Ramadhan  bulan Al Qur'an . 

Acara tasmi' dihadiri oleh para Wali santri, seluruh santri,  perwakilan Pimpinan  cabang Muhammadiyah, dewan ustaz/Ustazah dan seluruh santri.

Mudir Ponpes Nurul Ilmi Ustaz KH. Sukahar, M.P.I dalam sambutan pembukaan Tasmi' menyampaikan bahwa Tasmi' Tahfidz merupakan sarana untuk membentuk generasi Qur'ani. " Generasi  mulia sebagai generasi terbaik, sebagaimana yang disebut dalam hadits Rasulullah Muhammad Shallallahu'Alaihi Wa Sallam: "Sebaik-baik kalian adalah yang Belajar Qur'an dan mengajarkannya", ujar Ustaz Kahar.

Ustaz Kahar berpesan kepada para santri agar  jadi Santri jangan minder dan rendah Diri, karena santri adalah generasi yang mulia yang dijamin mendapatkan perlindungan Allah. (Edi sulton).


Berita Selanjutnya Berita Sebelumnya
Belum Ada Komentar
Tambah Komentar
comment url